Doa Setelah Membaca Al Quran dan Keutamaannya

Doa Setelah Membaca Al Quran dan Keutamaannya
Konten []
    Mustafalan.com - Doa sesudah selesai mmebaca al-quran. Ada banyak sekali petunjuk kehidupan yang terdapat di dalam Al-Quran. Quran juga menjadi sumber ilmu tak terbatas bagi umat manusia apabila telah memahaminya.

    doa sesudah membaca alquran sesuai sunnah

    Saat sebelum mengaji, kita membaca doa, begitu pula dengan ketika selesai membaca Al-Quran maka kita juga harus membaca doa. Doa dimaksudkan untuk memohoh kepada Allah SWT agar bacaan yang telah kita lafadzkan dapat menjadi berkah bagi kita.

    Apakah ada doa khusus untuk dibaca pada saat selesai membaca Quran? Dalam banyak riwayat hadits yang shahih, ada beberapa cuplikan doa yang bisa dibaca ketika selesai membaca Al-Quran. Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya.

    Baca: Doa Sebelum Membaca Al-Quran

    Namun sebelum itu, Anda bisa membaca doa sebelum baca Quran yang terdapat pada artikel di tautan di atas untuk meningkatkan referensi maupun ilmu pengetahuan. Berikut adalah doa-doa selepas melafadzkan Al-Quran sesuai sunnah.

    Doa Setelah Membaca Al-Quran

    doa setelah membaca alquran

    Ada dua doa yang bisa dibaca untuk mengakhiri mengaji, ada doa yang pendek dan ada pula doa yang panjang sesuai sunnah. Keduanya diambil dari hadits shahih oleh karena itu, keduanya bisa diamalkan bersama-sama.

    1. Doa Setelah Membaca Al-Quran Pendek

    Berikut ini adalah doa seusai membaca Al-Quran yang singkat, ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya berdasarkan hadits yang shahih dan sesuai sunnah.

    سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

    Subhanakallahumma wa bihamdika laa ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaika.

    Artinya:
    "Maha suci Engkau dan pujian kepada-Mu, Tidak ada sesembahan yang berhak di sembah kecuali Engkau, aku meminta ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu."

    2. Doa Setelah Membaca Al-Quran Sesuai Sunnah

    Berikut ini adalah doa selepas membaca Al-Quran yang lebih panjang, diambil dari hadits shahih dan bisa sama-sama kita amalkan karena memiliki keutamaan yang luar biasa.

    اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

    Allahummarhamnii bil qur’aani. waj’alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa’allimnii minhu maa jahiltu. wazuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. waj’alhu lii hujjatan yaa robbal ‘aalamiina.

    Artinya:
    "Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur’an yang agung, jadikanlah ia bagiku cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam."

    Keutamaan Doa Setelah Membaca Al-Quran

    Pada doa pertama, keutamaan atau keistimewaan dari doa tersebut adalah kita mengagungkan nama Allah SWT yang merupakan sumber dari Al-Quran karena sejatinya Al-Quran adalah firman Allah SWT. Kita memohon ampun apabila selama mengaji, ada kesalahan ucap, tajwid dan sebagainya.

    Pada doa kedua, makna atau fadhilahnya adalah memohon kepada Allah SWT agar kita dirahmati setelah membaca Quran, meminta supaya Quran dapat menjadi petunjuk hidup kita untuk membawa menuju jalan kebenaran.

    Selanjutnya, kita juga meminta kepada-Nya agar mengingatkan apa yang telah kita lupakan dan belum kita ketahui, serta memohon kepada Allah SWT agar kita diberi kemampuan untuk terus membaca Quran pada pagi, siang, sore, hingga malam hari serta agar mudah menghafal dan kuat ingatan.

    Kesimpulan

    Itu dia lafadz doa setelah membaca al quran. Sebetulnya dengan membaca Al-Quran saja kita sudah mendapat banyak pahala, namun apabila melafadzkan doa di atas, bacaan Al-Quran kita akan semakin sempurna. Insya Allah, Aamiin.

    Baca:

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>