Doa Naik Kendaraan Arab Latin Sesuai Sunnah

Doa Naik Kendaraan Arab Latin Sesuai Sunnah
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Doa ketika naik kendaraan untuk bepergian. Ada banyak hal yang pasti terjadi ketika kita naik kendaraan, baik kendaraan darat, laut, udara, maupun angkutan umum seperti bus, kereta api, pesawat, kapal laut, dan sebagainya.

doa naik kendaraan sesuai sunnah

Bisa jadi kita mengalami hal baik namun bisa juga kita menerima hal buruk saat sedang naik kendaraan baik sebagai pengemudi maupun sebagai penumpang. Ktia harus selalu memohon perlindungan kepada Allah SWT untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Apa ada doa yang bisa dibaca secara khusus ketika kita akan naik kendaraan? Bagaimana bacaan doanya dan apa maknanya? Berikut ini akan dijelaskan beberapa doa yang bisa dibaca ketika kita hendak menaiki kendaraan pribadi maupun umum.

Baca : Doa Ketika Bepergian Jauh

Sebelumnya kita telah membahas mengenai doa saat ingin bepergian jauh seperti yang ada pada artikel di tautan di atas, namun doa saat naik kendaraan ini berbeda karena doa ini tidak hanya diucapkan ketika kita ingin pergi naik kendaraan, melainkan saat belajar menaiki kendaraan pun bisa dengan membaca doa berikut.

Doa Ketika Naik Kendaraan Sesuai Sunnah

Berikut ada dua doa saat menaiki kendaraan yang bisa dibaca, yakni doa ketika menaiki kendaraan umum seperti mobil, motor, sepeda, truk, bus, angkot, transjakarta, MRT, LRT, kereta api, maupun kendaraan laut seperti perahu, kapal, rakit, dan sebagainya.

1. Doa Naik Kendaraan Umum

Bacalah doa pendek berikut ini ketika akan naik kendaraan umum, yakni kendaraan yang biasa ada di darat. Mintalah perlindungan kepada Allah SWT agar diberi keselamatan baik jika mengemudi sendiri maupun menjadi penumpang orang lain.

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya:
"Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali.”

2. Doa Naik Kapal Laut

Selain doa di atas, ada pula doa lain yang bisa dibaca yakni doa ketika menaiki kendaraan laut yang singkat berikut ini. Bacalah doa naik kapal ini saat menyebrangi pulau, selat, samudera, atau teluk. Berikut adalah bacaan doa naik kendaraan bahasa Arab, latin dan artinya.

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim.

Artinya:
"Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Kesimpulan
Itu dia bacaan doa naik kendaraan agar selalu diberi perlindungan keselamatan oleh Allah SWT, terhindar dari kecelakaan di jalan raya atau jalan tol. Mudah-mudahan kisa bisa sama-sama mengamalkan doa baik ini dan untuk mendapat berkah dari Allah Ta'ala.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>