Doa Sebelum dan Sesudah Minum Obat Lengkap

Doa Sebelum dan Sesudah Minum Obat Lengkap
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Doa sebelum dan setelah minum obat. Tidak ada orang yang selalu hidup sehat. Ada kalanya virus atau kuman masuk ke tubuh kita dan menyebabkan penyakit sehingga membuat rutinitas kita menjadi terganggu.

doa sebelum dan sesudah minum obat

Namun saat sakit kita tidak boleh mengeluh, melainkan kita harus terus percaya bahwa segala penyakit dapat disembuhkan, terlebih karena kita memiliki Allah SWT yang merupakan Dzat penyembuh segala macam penyakit.

Tetaplah optimis bahwa separah apapun penyakit yang kita derita, pasti ada obatnya. Tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan atas kuasa-Nya. Jangan pernah berhenti berharap dan teruslah berdoa mohon kesembuhan termasuk pada saat minum obat.

Baca: Doa Saat Menjenguk Orang Sakit

Sejatinya obat yang kita minum adalah zat yang bisa menetralisir racun yang ada di tubuh kita, berdoalah kepada Allah SWT agar obat yang kita konsumsi dapat benar-benar menjadi penyembuh penyakit yang kita derita.

Doa Sebelum Minum Obat

doa ketika minum obat

Makna dari doa sebelum meminum obat adalah kita berdoa kepada Allah Ta'ala untuk menghilangkan kesulitan yang diakibatkan oleh penyakit serta mohon kesembuhan kepada Allah yang memiliki kuasa untuk menyembuhkan segala macam penyakit.

Berikut adalah doa bisa kita ucapkan atau lafadzkan sebelum hendak minum obat, ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya sesuai sunnah.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannasi adzhibilba'sa wasyfihau antassyafii laa syifaa'a illasifaauka syifaa alaa yughaadirusaqamaa.

Artinya:
"Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

Doa Sesudah Minum Obat Mohon Kesembuhan

Setelah meminum obat, bacalah doa berikut ini untuk memohon agar obat yang telah kita konsumsi, baik bentuknya pil, tablet atau cair dapat menghilangkan segala penyakit yang hinggap di tubuh kita.

Fadhilah dari doa ini adalah kita memohon kepada-Nya untuk menurunkna kesehatan, menghilangkan segala macam bahaya yang mengancam tubuh kita, yaitu penyakit. Berikut adalah lafadz bacaan doanya.

بِسْمِ اللهِ الشَّافِىْ بِسْمِ اللهِ الْكَافِىْ بِسْمِ اللهِ الْمُعَافِىْ بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّمَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِى اْلاَرْضِ وَلاَفِى السَّمَآءِ وَهُوَالسَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Bismillaahisy syafii bismillahil kaafii bismillaahil mu’aafii bismillaahil ladzii laa yadlurru ma’asmihi syai-un fil ardli walaa fis samaa-i huwas samii’ul ‘alimu.

Artinya:
"Dengan nama Allah Tuhan yang menyembuhkan, dengan nama Allah tuhan yang menurunkan kesehatan, Dengan nama Allah yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang berbahaya, baik di bumi maupun di langit dan Dia adalah Tuhan Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Kesimpulan
Itulah doa sebelum dan sesudah minum obat, mari sama-sama kita amalkan doa ini ketika minum obat, jangan lupa untuk terus minum obat secara rutin sesuai anjuran dokter agar kita segera sembuh dari penyakit. Amin.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>