Doa Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah

Doa Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Doa menjenguk orang sakit. Yang memiliki kuasa untuk menyembuhkan penyakit adalah Allah SWT, manusia bisa saja berusaha dengan keras namun tetap pada akhirnya Allah Ta'ala yang menentukan.

doa menjenguk orang sakit sesuai sunnah

Maka dari itu, kita sebagai seseorang yang masih sehat, apabila ada saudara, kerabat atau teman kita yang sedang sakit kita harus mendoakannya agar lekas sembuh dan kembali dapat menjalani aktifitas secara normal seperti biasa.

Rutinlah membaca doa untuk memohon kesembuhan penyakit seseorang, khususnya ketika kita menjenguk atau membesuknya karena pada momen tersebut, insya Allah doa yang kita panjatkan akan lebih khusyu setelah melihat langsung kondisi si orang yang sakit.

Baca : Doa Mohon Kesembuhan Penyakit

Dalam berbagai hadits shahih kita dapat menjumpai beberapa doa khusus untuk meminta agar penyakit yang diderita orang lain dapat segera diangkat oleh Allah SWT. Di sini kami melampirkan dua doa, silahkan disimak.

Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit

doa menjenguk orang sakit

Pada doa singkat untuk meminta kesembuhan penyakit ini, kita memohon kepada Allah SWT sebagai Tuhan yang maha kuasa dan maha agung untuk menyembuhkan seseorang yang tengah sakit di depan mata kita.

Ketika membaca doa ini, hati kita harus yakin bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang maha menyemmbuhkan, Tuhan yang menjadi obat dari segala macam penyakit. Berikut adalah teks, lafadz, bacaan doa menjenguk orang sakit.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As'alullaahal azhīma rabbal 'arsyil 'azhiimi an yassfiyaka.

Artinya:
"Aku memohon kesembuhan kepada Allah yang paling Agung, Tuhan yang Megah akan menyembuhkanmu."

Doa Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah

Selain doa singkat di atas, ada pula doa lainnya yang lebih panjang dan lengkap serta kerap dijadikan amalan ketika berkunjung ke rumah orang yang sedang sakit. Doa ini memiliki banyak manfaat, faedah dan fadhilah.

Diantaranya adalah kita memohon kepada Allah SWT agar menghilangkan segala macam penyakit karena kita percaya bahwa Allah Ta'ala bisa menyembuhkan apapun dan kita yakin tidak ada satupun penyakit yang tidak dapat disembuhkan oleh-Nya.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman.

Artinya:
"Ya Allah Tuhan dari seluruh umat manusia, hilangkanlah segala macam penyakit dan sembuhkanlah ia. Karena hanya Engkaulah yang mampu menyembuhkan, dan tidak ada kesembuhan yang tidak berasal dariMu. Yaitu kesembuhan yang tidak akan menimbulkan kambuh lagi."

Kesimpulan
Sekian penjelasan mengenai doa menjenguk orang sakit, urutan bacaan doa saat ketika akan menjenguk orang sakit, doa ketika saat untuk membesuk orang sakit, doa mengunjungi orang sakit tenat, perempuan, parah, supaya cepat sembuh.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>