Doa Masuk Pasar yang Shahih, Berkah dan Latinnya

Doa Masuk Pasar yang Shahih, Berkah dan Latinnya
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Doa ketika masuk pasar. Setiap memasuki pasar, mall, departemen store, supermarket atau minimarket, kita dianjurkan untuk mengucapkan doa terlebih dahulu untuk memohon pertolongan Allah SWT untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

doa ketika masuk pasar yang shahih dan berkah

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pasar adalah tempat umum dan tentunya ada banyak orang yang berlalu lalang di sana baik untuk menjual barang maupun untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Pasar tidaklah selalu aman untuk siapapun.

Kalau kita rajin baca berita, kita akan sering membaca kabar terjadi tindak kriminal dan tindak kejahatan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Selain tu, hal buruk yang mungkin bisa terjadi di pasar antara lain kehilangan barang, kecelakaan dan sebagainya.

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya, apakah kita akan pulang dari pasar dengan selamat ataukah akan terjadi hal yang buruk kepada kita? Mudah-mudahan tidak, maka dari itu perbanyaklah berdoa kepada-Nya untuk mohon perlindungan.

Baca: Doa Saat Kehilangan Barang

Pada kesempatan ini kami akan menuliskan dua doa yang bisa dibaca pada saat ingin masuk ke dalam pasar untuk berbelanja. Doa-doa berikut berasal dari hadits yang shahih dan merupakan anjuran dari Rasulullah SAW.

Doa Ketika Masuk Pasar yang Shahih

doa ketika masuk pasar yang shahih dan berkah

Doa berikut ini bersumber dari hadits yang shahih, bacalah doa berikut ini pada saat akan melangkahkan kaki masuk ke dalam pasar, amalkan pula pada saat sedang berjalan di pasar. Insya Allah, setiap detiknya kita akan diawasi oleh Allah Ta'ala.

Makna dari doa ini adalah kita mengakui bahwa tidak ada yang pantas disembah selain Allah SWT karena Dia yang menghidupkan dan mematikan. Berikut adalah bacaan doa lafadz bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

لَا إِلَـهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لَا يَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah lahulmulku walahulhamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuutu biyadihil khoiir wa huwa ‘alaa kulli syai’in qodiir.

Artinya:
"Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan, bagiNya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tanganNya semua kebaikan. Dan Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu."

Doa Ketika Masuk Pasar Agar Berkah

Selain doa di atas, ada pula doa ketika memasuki pasar agar kegiatan yang kita kerjakan dapat menjadi berkah. Bagi penjual, berdoa supaya barang yang mereka jual laris manis, sedangkan bagi pembeli, berdoalah agar mudah-mudahan barang yang kita beli dapat memenuhi kebutuhan kita. Aamin.

Makna dari doa singkat, ringkas atau pendek ini adalah kita sama-sama sepakat bahwa Allah Ta'ala merupakan Tuhan yang maha segalanya. Bacalah doa berikut ini saat mau masuk pasar, ditulis dalam bahawa Arab dan latinnya.

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Laa ilaaha illallaah wahdahu laa syariika lah, lahul-mulku wa lahul-hamdu, wa huwa ‘ala kulli syai’in qodiir.

Artinya:
"Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya dan Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu."

Kesimpulan
Itulah bacaan doa masuk pasar, mari sama-sama amalkan doa berikut ini pada saat ingin pergi ke pasar maupun pada saat kita sudah berada di depan pintu penerjemah. Mudah-mudahan Allah SWT selalu menolong kita pada saat berada di dalam pasar. Amin.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>