Doa Belajar Baik Sebelum atau Sesudahnya Arab dan Latinnya

Doa Belajar Baik Sebelum atau Sesudahnya Arab dan Latinnya
Konten []
    Mustafalan.com - Doa sebelum dan sesudah belajar lengkap. Sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk mengawali dan mengakhiri sesuatu dengan membaca doa, termasuk ketika belajar mengaji atau belajar materi pelajaran di sekolah.

    doa belajar baik sebelum dan sesudahnya

    Belajar atau menuntut ilmu adalah kewajiban setiap muslim, bukan hanya itu saja, melainkan juga kewajiban setiap manusia di bumi entah itu agamanya apa. Karena hidup tanpa ilmu membuat kita tersesat tak tahu arah dan tujuan.

    Belajar tidak hanya terbatas pada konsep menuntut ilmu di sekolah, pelajaran bisa kita ambil dari kehidupan di luar sekolah seperti les privat, bimbel, belajar ngaji, serta belajar untuk hidup bermasyarakat atau bersosial dengan orang lain. Tujuan lain belajar adalah agar bisa lulus ujian di sekolah.

    Namun pada pembahasan kali ini, kita hanya akan fokus membahas mengenai doa yang dibaca sebelum dan sesudah belajar di sekolah atau tempat mengaji, yakni doa yang dibaca agar kita bisa lebih paham, fokus dan konsentrasi untuk menerima materi pelajaran.

    Di bawah ini ada beberapa doa yang bisa dibaca sebelum memulai pelajaran dan setelah belajar di sekolah maupun tempat mengaji, diambil dari hadits shahih sesuai sunnah dan ditulis dalam bahasa Arab, latin dan artinya secara lengkap.

    Doa Sebelum Belajar Arab dan Latinnya

    doa sebelum belajar

    Bacalah doa pendek berikut ini untuk mengawali pelajaran agar ilmu yang disampaikan oleh guru atau ustadz dapat masuk ke otak kita dan semoga menjadi berkah agar bisa kita manfaatkan untuk kebaikan di masa yang akan datang.

    رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

    Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

    Artinya:
    "Kami ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik."

    Doa Setelah Belajar Arab dan Latinnya

    doa sesudah belajar

    Selain doa di atas, ada pula doa sesudah belajar yang singkat, ringkas dan pendek yang memiliki banyak makna salah satu fadhilahnya ialah mohon agar ilmu yang telah diperoleh dapat menjadi berkah serta manfaat untuk semua pihak.

    اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

    Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

    Artinya:
    "Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam."

    Kesimpulan

    Itu dia bacaan doa sebelum dan sesudah belajar, mudah-mudahan dengan membaca doa di atas tersebut, ilmu yang kita dapatkan di bangku sekolah maupun tempat ngaji dapat bermanfaat, menjadi berkah untuk kehidupan di dunia dan akhirat. Amin.

    Baca:

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>