Bacaan Doa Sujud Syukur Sahwi Arab dan Latinnya

Bacaan Doa Sujud Syukur Sahwi Arab dan Latinnya
Konten []
    Mustafalan.com - Bacaan doa sujud syukur sahwi. Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk melakukan sujud sahwi atau syukur ketika lupa beribadah, khususnya sholat atau puasa.

    doa sujud syukur sahwi

    Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana doa sujud sahwi yang benar sesuai sunnah. Karena berdasarkan hadits shahih, ada beberapa macam lafadz sujud sahwi atau syukur dari para tokoh muslim dunia.

    Seperti Imam Nawawi contohnya, beliau dalam sebuah hadits yang ia tulis menyebutkan satu bacaan sujud sahwi. Selain itu ada pula beberapa pendapat lain dari jumhur ulama mengenai teks bacaan sujud sahwi yang betul.

    Namun sebelum masuk ke pembahasan utama, alangkah lebih baiknya kita mengetahui apa itu sujud sahwi atau syukur. Karena mungkin ada beberapa teman yang belum mengetahui asal usul sujud ini. Silahkan disimak.

    Pengertian Sujud Syukur atau Sahwi

    Sujud sahwi berasal dari bahasa Arab, yakni sujud yang artinya menunduk, dan sahwi yang artinya lupa atau lalai. Sujud sahwi berarti menunduk atau bersujud di hadapan Allah SWT karena lalai dalam menjalankan ibadah.

    Contohnya seperti ketika kita lupa mengerjakan sholat fardhu hingga batas waktunya berakhir, maka kita harus melakukan sujud sahwi. Atau jika kita lupa dan ragu dengan jumlah rakaat sholat yang kita kerjakan apakah sudah benar atau kurang, maka kita juga harus sujud sahwi.

    Waktu mengerjakan sujud sahwi adalah langsung ketika kita sadar akan kelalaian kita, saat kita baru saja ingat bahwa kita lupa mengerjakan sholat, lupa makan atau minum padahal sedang berpuasa, atau lupa kelebihan dan kekurangan jumlah rakaat dalam sholat wajib.

    Tata cara mengerjakan sujud sahwi yakni sama seperti sujud pada sholat biasa, yakni menunduk menempelkan dahi ke lantai beserta kedua telapak tangan, dua telapak kaki dan dua lutut, lalu membaca salah satu diantara tiga doa sujud sahwi berikut ini.

    Doa Sujud Syukur atau Sahwi

    doa sujud sahwi

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa doa sujud sahwi ada banyak macamnya, ada yang pendek dan singkat, ada yang mudah dihafal dan ada yang perlu dibaca teksnya. Namun semua doa yang dicantumkan di sini adalah sah karena memiliki dalil yang diambil dari hadits shahih.

    Jadi, Anda tidak perlu bingung mana doa sujud sahwi yang benar, karena semuanya tidak salah. Silahkan baca salah satu saja, jangan semuanya. Satu doa yang dibaca dengan sungguh-sungguh insya Allah membuat Allah SWT mengampuni kelalaian kita.

    Karena manusia adalah tempatnya salah dan dosa, dan Allah SWT juga merupakan Tuhan yang maha pengampun. Bersungguh-sungguhlah dalam mengucap doa sujud sahwi insya Allah kesalahan kita diampuni oleh-Nya.

    Berikut adalah macam-macam jenis doa sujud sahwi sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia yang lengkap, singkat, ringkas dan pendek.

    1. Doa Sujud Sahwi Imam Nawawi

    Yang pertama adalah doa sujud sahwi yang diambil dari hadits Imam Nawawi. Makna doa ini adalah kita memohon ampunan kepada Allah SWT sebgai Tuhan yang maha suci dan maha besar. Berikut adalah bacaannya.

    سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى

    Subhaanaka alloohumma robbanaa wa bihamdika alloohummaghfirlii.

    Artinya :
    "Mahasuci Engkau, ya Allah Tuhan kami dan segala puji bagiMu. Ya Allah ampunilah aku."

    2. Bacaan Sujud Sahwi Beserta Artinya

    Yang kedua adalah doa sujud sahwi seperti doa sujud pada sholat. Doa ini bersumber dari sebuah hadits. Dan apabila kita ingat telah mengerjakan sholat dengan jumlah rakaat yang tidak sesuai, silahkan baca doa dengan lafadz sebagai berikut:

    سُبْحَانَ رَبِّىَ الْأَعْلَى

    Subhaana robbiyal ‘alaa.

    Artinya :
    "Mahasuci Tuhanku yang Mahatinggi."

    3. Doa Sujud Sahwi Tilawah Syukur

    Dan yang terakhir adalah doa sujud tilawah syukur yang merupakan bacaan sujud sahwi yang singkat dan disepakati oleh jumhur ulama-ulama di Indonesia. Berikut adalah bacaan lafadz sujud sahwi dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

    سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو

    Subhaana man laa yanaamu wa laa yas-huw.

    Artinya :
    "Maha Suci Dzat yang tidak mungkin tidur dan lupa."

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa sujud sahwi, arti bacaan sujud sahwi, pdf, mp3, hukum, sebab, tata cara, hikmah, sujud sahwi satu kali, dua kali, tiga kali, kapan sujud sahwi dilaksanakan, pengertian dan penjelasan lengkap.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>