Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal

Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal
Konten []
    Mustafalan.com - Doa untuk orangtua yang sudah meninggal. Seperti kata pepatah, sebanyak apapun hal yang kita lakukan untuk membahagiakan orangtua, hal tersebut tetap tidak cukup jika dibandignkan dengan jasa dan pengorbanan kedua orangtua yang telah membesarkan kita.

    doa untuk kedua orangtua yang sudah meninggal

    Ketika mereka masih hidup, bahagiakanlah mereka dengan selalu berbakti, membuat mereka tersenyum dan melihat kita sukses, ketika mereka telah meninggal dunia, terus berdoalah agar segala dosa dan kesalahannya diampuni oleh Allah SWT.

    Sebagai anak, tentu sudah kewajiban kita untuk mendoakan kebaikan orangtua baik saat mereka masih hidup di dunia maupun ketika mereka telah tiada. Doa adalah satu-satunya hal yang bisa kirim agar Allah Ta'ala memasukkan ayah dan ibu ke surga.

    Rasulullah SAW mencontohkan sebuah doa pendek untuk kedua orangtua yagn sudah meninggal dunia, doa ini bersumber dari hadits shahih tokoh muslim dan mungkin kita masih ingat bahwa doa ini juga kerap diajarkan di sekolah-sekolah.

    Pada artikel ini, di kesempatan yang baik ini kita akan sama-sama membahas mengenai doa untuk kedua orang tua yang telah meninggal dunia, doa agar dosa orangtua diampuni, doa supaya orangtua masuk surga, dan sebagainya. Silahkan disimak.

    Doa Kedua Orangtua yang Sudah Meninggal

    Bacalah doa berikut ini untuk mendoakan orangtua yang telah meninggal dunia supaya diberi tempat terbaik di sisi-Nya dan dimaafkan segala dosanya. Doa ini bisa dibaca saat sholat tahajud, sholat malam, ketika setelah membaca surat yasin maupun setelah tahlilan.

    Berikut adalah lafadz bacaan doa untuk ayah dan ibu yang sudah meninggal dunia ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan terjemahannya atau arti dalam bahasa Indonesia sesuai sunnah yang benar berdasar hadist yang shahih.

    اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

    Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

    Artinya :
    “Wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. dam muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka”

    Doa Agar Dosa Orangtua Diampuni

    Selain doa di atas, ada pula doa lain yang bisa dijadikan amalan, dzikir atau wirid untuk mendoakan orang tua yang telah mendahului kita. Doa ini sama-sama memiliki makna untuk mengampuni segala dosa dan kesalahan yang pernah diperbuat orangtua selama masih hidup.

    Berikut adalah teks bacaan lafadz doa agar dosa orangtua yang telah meninggal diampuni, doa untuk bapak dan ibu yang telah meninggal terlebih dahulu sesuai sunnah dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

    وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

    Artinya:
    “Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.”

    Kesimpulan

    Itulah doa untuk kedua orang tua, doa agar dosa kedua orangtua diampuni, doa supaya orangtua dimasukkan ke dalam surga, dzikir, wirid dan tahlil ketika mengunjungi makam atau kuburan orangtua, doa saat ziarah ke makam orangtua, dan sebagainya.

    Baca:

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>