Bacaan Doa Tolak Bala Pendek Latin Sesuai Sunnah

Konten []
    Mustafalan.com - Bacaan doa tolak bala pendek latin sesuai sunnah. Doa tolak bala adalah doa yang dimaksudkan untuk memohon kepada Allah SWT agar kita terhindar dari musibah, bahaya, bencana, dan marabahaya.

    doa tolak bala rebo wekasan rabu pungkasan

    Setiap orang tentu menginginkan kehidupan yang aman dan damai. Namun tetap saja yang namaya hidup di bumi pasti ada saja hal-hal yang bisa menyebabkan malapetaka muncul kapan saja secara tidak terduga.

    Untuk meminimalisir terjadinya musibah pada diri kita, kita bisa berdoa kepada Allah SWT sebagai Tuhan yang maha menolong. Sebagaimana kita tahu bahwa Tuhan memiliki kuasa untuk mengatur segala sesuatu yang terjadi di dunia, termasuk mencegah marabahaya terjadi pada kita.

    Salah satu hari yang diperingati sebagai hari datangnya bala atau musibah adalah pada hari Rabu terakhir di bulan Shafar atau Shofar. Hari tersebut dinamakan dengan hari rebo wekasan, rabu pungkasan atau rabu wekasan.

    Pada artikel ini kita akan membahas sedikit mengenai tolak bala pada rebo wekasan, termasuk doa yang dibaca untuk memperingati hari yang dikeramatkan sebagai hari datangnya seribu musibah ke muka bumi.

    Tolak Bala Rebo Wekasan

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Rebo wekasan adalah hari Rabu terakhir pada bulan Safar pada penanggalan kalender hijriyah Islam atau versi Jawa. Konon disebut-sebut hari ini diperingati sebagai hari turunnya 320.000 penyakit dan 20.000 malapetaka bencana.

    Dalam tradisi kejawen, selain berdoa pada hari rabu wekasan, ada kegiatan lain yang dilakukan sebagai upacara adat yang dimaksudkan untuk tolak bala atau menolak bencana, musibah dan marabahaya.

    Diantaranya adalah sedekah ketupat yang kerap dilakukan masyarakat Cilacap. Kemudian ada pula upacar Rebo pungkasan di daerah Bantul, Yogyakarta. Lalu ada ngirab di daerah Cirebonan, Safaran di beberapa daerah Jawa Tengah dan Timur serta ada juga yang melakukan sembahyang tertentu.

    Intinya adalah doa tolak bala rebo wekasan adalah doa yang dibaca secara serentak oleh umat Islam untuk meminta perlindungan Allah SWT dari segala marabahaya pada hari Rabu terakhir di bulan Safar yang dipercaya sebagai hari penuh bencana.

    Bacaan Doa Tolak Bala Pendek

    doa tolak bala

    Doa tolak bencana pendek ini selain bisa dibaca pada hari Rabu wekasan juga dapat dibaca pada hari-hari lainnya karena fadhilah atau makna dari doa tolak bala adalah memohon kepada-Nya pertolongan dan perlindungan dari malapetaka.

    Ada beberapa macam doa tolak bala yang bersumber dari berbagai buku dan hadits. Berikut adalah beberapa doa tolak bala baik pada Rabu wekasan maupun hari lainnya dalam bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

    1. Doa Tolak Bala Dunia Akhirat


    اَللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّاالْغَلَآءَ وَالْبَلَآءَ وَالْوَبَآءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَآئِدَ وَالْمِحَنَ مَاظَهَرَ مِنْهَا وَمَابَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بَلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً اِنَّكَ عَلَى كُلِّى شَيْئٍ قَدِيْرٌ

    Allohummadfa’ ‘annalgholaa-a walbalaa-a walwabaa-a walfahsyaa-a walmunkaro wassuyuufal mukhtalifata wassyadaa ida wal mihana maa dhoharo minha wamaa bathona min baladinaa hada khosotan wamin buldanil muslimiina ‘aamatan ‘aala kulli syai’in qodiirun.

    Artinya :
    "Ya Tuhan , hindarkanlaha dari kami kekurangan pangan cobaan hidup penyakit-penyakit wabah , perbuatan-perbuatan keji dan munkar , ancaman-ancaman yang beraneka ragam paceklik-paceklik dan segala ujian , yang lahir maupun batin dari negeri kami ini pada khususnya dan dari seluruh negeri kaum muslimin pada umumnya , alasannya ialah sesungguhnya Engkau atas segala sesuatu ialah kuasa."

    2. Doa Tolak Bala Singkat Ringkas


    اللَّهُمَّ بِحَقِّ الفَاتِحَةِ وَسِرِّ الفَاتِحَةِ، يَا فَارِجَ الهَمِّ يَا كَاشِفَ الغَمِّ، يَا مَنْ لِعَبْدِهِ يَغْفِرُ وَيَرْحَمُ، وَيَا دَافِعَ البَلَاءِ يَا اللهُ يَا رَحْمَنُ، وَيَا دَافِعَ البَلَاءِ يَا اللهُ يَا رَحِيْمُ.

    Artinya :
    "Ya Allah, dengan hakikat dan rahasia Al-Fatihah, wahai pemberi jalan keluar, wahai pembuka atas kegelisahan, waha Tuhan yang kepada hamba-Nya mengampuni dan menyayangi, wahai penolak bala ya Allah wahai pengasih, wahai penolak bala ya Allah wahai penyayang."

    3. Doa Tolak Bala Sesuai Sunnah


    اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

    Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni‘mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal ‘āfiyah, wa abwābal jannah. Allāhumma ‘āfinā min kulli balā’id duniyā wa ‘adzābil ākhirah, washrif ‘annā bi haqqil Qur’ānil ‘azhīm wa nabiiyikal karīm syarrad duniyā wa ‘adzābal ākhirah. Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūn, wa salāmun ‘alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.

    Artinya :
    "Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."

    4. Doa Tolak Bala Terbalik Tangan


    وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامً عَلَى المُرْسَلِيْنَ، وَالحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

    Artinya :
    "Semoga Allah memberikan shalawat untuk Sayyidina Muhammad, keluarga, dan semua sahabatnya. Maha suci Allah dari segala apa yang mereka sifatkan. Salam Allah untuk para rasul-Nya. Segala puji bagi Allah tuha semesta alam."

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa tolak bala ringkas, sesuai sunnah, singkat, dalam qunut, santet, doa tolak bala pdf, dunia akhirat, terbalik tangan, doa sholat tolak bala, mp3, allahumma bihaqil fatihah, doa agar terhindar dari musibah dan sebagainya.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments