Doa Sebelum Bekerja dan Sesudah Bekerja Pendek

Konten []
    Mustafalan.com - Doa sebelum bekerja dan sesudah bekerja pendek. Bekerja adalah kewajiban seorang manusia untuk mencari nafkah, terutama bagi laki-laki yang sudah memiliki tanggungan istri dan anak.

    doa sebelum dan sesudah berangkat kerja

    Ketika sudah menikah dan berumah tangga, laki-laki menjadi kepala keluarga sekaligus tulang punggung untuk mencari rezeki. Meskipun pada dasarnya wanita juga boleh mengerjakan sesuatu untuk menghasilkan uang.

    Agar pekerjaan yang dilakukan dapat menjadi berkah dan bernilai pahala, sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk membaca doa ketika akan berangkat kerja dan pulang dari kantor selepas bekerja. Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk selalu membaca doa setiap akan dan selesai melakukan sesuatu.

    Selain itu, membaca doa pada saat sebelum bekerja juga dimaksudkan agar kita diberi perlindungan oleh Allah SWT selama bekerja agar terhindar dari segala marabahaya, kecelakaan dan musibah baik ketika berada dalam perjalanan menuju tempat kerja dan ketika sedang bekerja.

    Doa setelah bekerja atau pulang kerja dimaksudkan untuk meminta perlindungan Allah Ta'ala dari segala keburukan, bencana dan hal-hal buruk yang mungkin terjadi ketika berada di jalan pulang maupun setelah sampai rumah.

    Baca : Bacaan Doa Niat Puasa Hajat

    Di sini kita akan membahas mengenai doa bekerja baik ketika akan berangkat maupun saat hendak pulang. Doa yang ditulis di sini diambil dari berbagai hadits shahih para tokoh muslim sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW.

    Doa Sebelum Bekerja Pendek

    doa sebelum bekerja

    Doa sebelum bekerja dibaca ketika ingin berangkat bekerja baik saat baru keluar rumah, ketika setelah selesai sarapan, saat memakai sepatu maupun ketika akan naik kendaraan umum atau pribadi untuk menuju tempat kerja.

    Adab seorang muslim saat berangkat kerja adalah mengucap salam kepada penghuni rumah yang ditinggalkan. Suami yang berangkat kerja dianjurkan mengecup kening istri sementara istri menyalami tangan suami ke kening.

    Jika tinggal sendiri, jangan lupa mengunci pintu, jendela dan pagar rumah serta mematikan seluruh peralatan elektronik seperti lampu, AC, televisi dan sebagainya yang tidak diperlukan untuk menghemat energi dan biaya listrik.

    Berikut adalah bacaan doa sebelum bekerja yang pendek, singkat, ringkas sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin serta artinya atau dalam terjemahan bahasa Indonesia yang lengkap.

    اَللهُمَّ اغْفِرْلِى ذَنْبِيْ، وَوَسِّعْ خُلُقِيْ، وَطَيِّبْ لِيْ كَسَبِيْ، وَقَنِّعْنِيْ بِمَا رَزَقْتَنِيْ، وَلاَتَذْهَبْ قَلْبِيْ إِلَى شَيْئٍ صَرَّفْتَهُ عَنِّيْ

    Allaahummaghfir lii dzanbii, wa wassi’ khuluqii, wa thayyib lii kasabii, wa qanni’nii bimaa razaqtanii, wa laa tadz-hab qalbii ilaa syai-in sharraftahu ‘annii.

    Artinya:
    “Ya Allah, ampunillah dosaku, perluaslah (muliakanlah) akhlakku, berilah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku puas menerima apapun yang Engkau karuniakan kepadaku, dan janganlah Engkau buat hatiku mengingat apapun yang telah Engkau palingkan dariku.” (HR. Ibnu An-Najjar).

    Doa Sesudah Bekerja Pendek

    doa sesudah bekerja

    Sedangkan doa pulang kerja adalah doa yang dibaca ketika selesai mengerjakan tugas di kantor atau tempat kerja dan hendak menuju rumah. Doa ini dibaca untuk mengucap syukur karena Allah SWT telah melindungi kita selama bekerja.

    Adab seorang muslim atau muslimah ketika akan pulang kerja adalah merapikan tempat kerja, membuang sampah pada tempatnya, tidak meninggalkan barang-barang penting di tempat kerja, serta mengucap salam apabila meninggalkan rekan kerja terlebih dahulu.

    Jangan lupa untuk mematikan peralatan listrik apabila kita menjadi orang terakhir yang pulang dari tempat kerja, mengunci pintu rapat-rapat agar tidak ada orang lain yang masuk, meninggalkan lokasi dalam keadaan bersih.

    Doa selepas bekerja bisa dibaca ketika selesai jam kerja, saat keluar dari tempat kerja, atau ketika naik kendaraan hendak menuju ke rumah atau hunian. Berikut adalah teks lafadz tulisan bacaan doa sesudah bekerja yang pendek dan singkat.

    اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُ بِكَ اَنْ اَضِلّ اَوْ أُضَلَّ اَوْ اَزِلَّ اَوْ أَظْلَمَ اَوْ أَجْهَلَ اَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ.

    Alloohuma innii a’uudzubika an’adhilla, au’udholla, au’azilla, au’adzlama, au ajhala, au yujhala ‘alayya.

    Artinya:
    “Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu agar tidak tersesat atau disesatkan atau aku tergelincir atau digelincirkan atau aku berbuat dzalim atau didzalimi atau aku berbuat bodoh atau dibodohi” (HR. Nasa’i, Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah).

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa bekerja, doa sebelum bekerja sesuai sunnah, doa pendek sebelum berangkat kerja, doa sebelum melakukan kegiatan, doa memulai pekerjaan agar lancar, doa sebelum memulai aktivitas di kantor.

    Doa berangkat kerja pagi hari, bahasa Jawa, singkat, latin, tulisan arab dan artinya. Doa bersama setelah bekerja seharian, di kantor, doa setelah lelah dan selesai bekerja, doa pulang kerja dalam bahasa Indonesia.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments