Bacaan Doa Salam Ketika Melewati Kuburan Makam

Bacaan Doa Salam Ketika Melewati Kuburan Makam
Konten []
    Mustafalan.com - Doa salam saat melewati kuburan makam. Kuburan, makam atau pemakaman merupakan tempat di mana manusia yang telah meninggal dunia ditempatkan. Kuburan atau makam kadang dianggap sebagai tempat yang menyeramkan.

    doa salam ketika melewati kuburan makam

    Terutama pada malam  hari, karena jarang sekali ada kuburan yang dilengkapi dengan lampu penerangan, membuat suasana dalam kuburan menjadi angker, ketika seseorang melewatinya bulu kuduk akan berdiri dan perasaan merinding menyelimuti hati.

    Banyak pula orang beranggapan bahwa kuburan menjadi tempat para jin, iblis dan setan bersemayam. Karena di tempat itu para makhluk halus bebas melakukan apapun semau mereka. Memang benar, dunia ini tidak hanya berisi kita sebagai manusia, tapi ada pula makhluk yang tak terlihat.

    Dalam agama Islam, kita diajarkan untuk menjaga sopan santun saat masuk rumah orang lain. Kuburan atau makam juga menjadi rumah bagi para ahli kubur, oleh karena itu sudah sepantasnya kita mengucap salam apabila melewatinya.

    Baik ketika memasuki tempat kubur, sedang jalan-jalan, berziarah, atau untuk keperluan lainnya, ketika singgah di kuburan kita dianjurkan untuk membaca sebuah doa salam. Doa yang ditujukan untuk kepada para ahli kubur yang ada di tempat tersebut.

    Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai doa melewati kuburan, dia memasuki kuburan, doa singgah di kuburan, salam ketika lewat makam, salam saat berada di area makam dan sebagainya.

    Doa Salam Saat Melewati Kuburan Makam

    doa ketika melewati kuburan

    Ada sebuah doa Nabi Muhammad SAW saat melewati kuburan, doa yang diajarkan Rasul kepada para sahabatnya yang kala itu hendak melakukan ziarah kubur. Doa ketika sedang melewati kuburan tersebut kemudian diajarkan secara turun temurun hingga sampai pada kita saat ini.

    Makna dari doa tersebut adalah memohon kepada Allah SWT agar seluruh dzat yang ada di alma barzah diberi pertolongan dan dijauhkan dari siksa kubur. Selain itu, kita juga memohon kepada-Nya agar dijauhkan dari godaan setan yang berada di lokasi pemakaman.

    Berikut adalah bacaan doa salam ketika melewati kuburan atau makam lengkap bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih yang benar.

    1. Doa Melewati Kuburan Sesuai Sunnah

    Yang pertama dalah doa saat lewat makam yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dalam doa ini kita berdoa untuk para ahli kubur serta kaum muslimin dan muslimah agar diberi keselamatan. Berikut adalah lafadz doanya.

    اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنْ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اَللهُ بِكُمْ لَاحِقُونَ نَسْأَلُ اَللهُ لَنَا وَلَكُمْ الْعَافِيَةَ

    Assalaamu ‘alaikum ahladdiyaari minal mu’miniina wal muslimiina wa-innaa insyaa Allaahu bikum laahiquuna nas’alullaaha lanaa walakumul ‘aafiyah.

    Artinya :
    "Semoga keselamatan terlimpahkan kepada kalian wahai penduduk alam barzah, dari kaum mukminin dan muslimin. Sesungguhnya kami akan menyusul kalian insya Allah. Dan kami meminta Allah untuk kami dan kalian agar diberi keselamatan."

    2. Doa Melewati Kuburan Muslim

    Yang kedua adalah doa ketika kita melewati kuburan umat muslim, khusus agama Islam, TPU yang sering kita jumpai di kota-kota besar seperti Jakarta. Berikut adalah teks lafadz bacaan doa saat melewati makam muslimin dan muslimah.

    اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ أَنْتُمْ لَنَا فَرَطٌ وَإِنَّا بِكُمْ لَاحِقُونَ اَللّٰهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا أَجْرَهُمْ وَلَا تَفْتِنَّا بَعْدَهُمْ

    Assalaamu ‘alaikum daara qaumin muk’miniina antum lanaa farathun wainnaa bikum laa hiquunallaahumma laa tahrimnaa ijrohum walaa taftinnaa ba’dahum.

    Artinya :
    "Semoga kesejahteraan untuk kalian semua, kampung kaum mukminin. Kalian telah mendahului kami. Dan kami akan menyusul kalian insya Allah. Ya Allah, janganlah engkau haramkan kami dari pahala mereka dan jangan timpakan fitnah kepada kami setelah mereka."

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa ketika melewati kuburan, bacaan, muslim, sesuai sunnah, wali, dan artinya, muhammadiyah, orang muslim, orang tua, NU, salam untuk menziarahi kubur, penghuni, ucapan dan salam untuk masuk kuburan.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>