Doa Agar Mudah Faham, Kuat Ingatan dan Mudah Menghafal

Doa Agar Mudah Faham, Kuat Ingatan dan Mudah Menghafal
Konten []
    Mustafalan.com - Doa supaya cepat kuat menghafal mudah faham dan mengingat. Setiap orang memiliki kemampuan berfikir dan daya otak yang berbeda-beda. Bukan bermaksud merendahkan, namun kita juga harus sadar seberapa kapasitas yang kita miliki.

    doa agar mudah faham kuat ingatan dan mudah menghafal

    Allah SWT menciptakan manusia dengan beragam kemampuan tersebut bukan tanpa alasan. Sebenarnya, setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bisa saja kita lemah dalam hal menghafal atau mengingat, namun kita memiliki kelebihan di bidang lain.

    Hal tersebut harusnya kita syukuri, bukan justru kita merasa kecewa karena diberi kemampuan untuk mengingat dibawah rata-rata kemampuan teman-teman yang lain. Memang sih, ada kalanya kemampuan otak untuk mengingat sangat diperlukan.

    Terutama ketika kita akan melaksanakan ujian baik ujian nasional, masuk kampus atau universitas, tes CPNS maupun ujian-ujian lainnya. Semakin banyak materi pelajaran yang kita ingat maka akan semakin besar pula peluang kita untuk lulus ujian yang kita jalani.

    Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi beberapa doa yang bisa dijadikan amalan untuk memiliki kekuatan dalam mengingat, diberi kemudahan mengingat, supaya tidak mudah lupa, agar cepat paham materi pelajaran yang dipelajari dan sebagainya.

    Doa-doa berikut ini diambil atau bersumber dari berbagai hadits shahih oleh tokoh muslim yang mengutip kalimat maupun ucapan yang dikatakan oleh Rasul ataupun sahabat Nabi Muhammad SAW. Silahkan disimak.

    Doa Agar Mudah Faham

    doa mohon kuat ingatan

    Yang pertam adalah doa supaya mudah paham. Makna dari doa ini adalah kita memohon kepada-Nya agar diberi kekuatan untuk fokus ketika belajar atau mengerjakan ujian. Karena dengan fokus dan konsentrasi, kita akan bisa mudah memahami soal yang harus diselesaikan.

    Pemahaman tidak hanya berkaitan dengan pendidikan di sekolah, melainkan juga tentang kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Boleh jadi kita kerap berbaur bersama orang lain sehigga kadang mengobrol seenaknya, sedangkan kita tidak sadar bahwa ucapan kita telah menyakiti hati seseorang.

    Doa ini diucapkan untuk meminta supaya cepat paham dalam segala situasi. Berikut adalah lafadz bacaan doa memohon supaya mudah faham ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

    اللهم أخرجنا من ظلمات الوهم، وأكرمنا بنور الفهم، وافتح علينا بمعرفة العلم، وحسن أخلاقنا بالحلم، وسهل لنا أبواب فضلك، وانشرعلينا من خزائن رحمتك، برحمتك يا أرحم الراحمين

    Allaahumma akhrijnaa min zhulumaatil wahmi, wa akrimnaa bi nuuril fahmi, waftah ‘alainaa bi ma’rifatil ‘ilmi, wa hassin akhlaaqonaa bil hilmi, wa sahhil lanaa abwaaba fadhlika, wan syur ‘alainaa min khozaaini rohmatika, ya arhamar rohimiina.

    Artinya :
    “Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan keraguan/prasangka, mulyakanlah kami dengan cahaya kefahaman, bukakanlah kepada kami dengan ilmu pengetahuan, hiasilah/baguskanlah diri kami dengan akhlak yang baik, mudahkanlah untuk kami pintu-pintu anugrah-Mu, bentangkanlah kepada kami dari perbendaharaan rahmat-Mu, ya Tuhan Maha Pengasih sekalian yang berkasih sayang.”

    Doa Diberi Kekuatan Mengingat

    Kemudian ada pula doa yang dibaca untuk memohon kepada-Nya agar diberi kekuatan untuk mengingat sesuatu. Maksud atau fadhilah dari doa ini adalah ketika kita lupa akan sesuatu, kita bisa cepat mengingatnya.

    Manusia adalah tempatnya salah dan lupa, sering sekali manusia membuat orang lain khawatir karena lupa menaruh barang berharga, lupa mengerjakan sesuatu, melupakan janji, melewatkan ibadah dan semacamnya.

    Doa ini dibaca untuk meminta kekuatan mengingat. Berikut adalah bacaan lafadz doa mohon diberi kekuatan untuk mengingat sesuatu ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia yang singkat.

    اَللّٰهُمَّ زِدْنَا وَلَا تَنْقُصْنَا وَأَكْرِمْنَا وَلَا تُهِنَّا وَأَعْطِنَا وَلَا تَحْرِمْنَا وَاَثِرْنَا وَلَا تُؤْثِرْ عَلَيْنَا وَارْضِنَا وَارْضَ عَنَّا

    Allahumma zidnaa walaa tan-qushnaa wa akrimnaa walaa tuhinna wa a’thinaa walaa tahrimnaa wa atsirnaa walaa tu’tsir ‘lainaa waardhinaa wardho ‘annaa.

    Artinya:
    “Ya Allah, tambahkanlah buat kami jangan Engkau kurangkan, muliakanlah kami jangan dihina, berilah buat kami jangan ditahan, pilihlah kami jangan Engkau biarkan dan ridhoilah kami dan ridhoilah pula semua usaha kami.”

    Doa Agar Mudah Menghafal

    Yang terakhir adalah doa supaya mudah menghafal sesuatu. Doa ini sangat baik dibaca pada saat sebelum ujian atau ketika sedang belajar. Misalnya menghafal kosakata bahasa Inggris, nama-nama latin dalam biologi, aksara Jawa ataupun Sunda dan semacamnya.

    Bagi orang tua, silahkan ajarkan doa pendek berikut ini kepada anak masing-masing dan mengajak mereka untuk mengamalkannya setiap akan belajar. Insya Allah, Allah SWT akan membantu anak-anak kita untuk bisa lebih mudah menghafal pelajaran. Berikut adalah bacaan doanya.

    اَللّٰهُمَّ ارْزُقْنَا يَارَبِّ فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْ سَلِيْنَ وَإِلْهَامَ ألْمَلاَ ىِٕكَةَ ألْمُقَرَّبِيْنَ فِى عَافِيَةٍ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

    Allahummarzuqna ya robbi fahman-nabiyyina. wahifzholmursalin, wa ilhamal-malaaikatil-muqorrobin fi’afiatin ya arhamarrohimin.

    Artinya :
    “Ya Allah, karuniailah kami faham para nabi dan hafalan para rasul serta mendapat ilham para malaikat yang hampir dengan-Mu, juga kurniakanlah kami kesehatan wahai Maha Penyayang.”

    Kesimpulan

    Sekian pembahasan mengenai doa supaya ingatan kuat dan tajam saat belajar, amalan agar otak cerdas dan kuat hafalan, doa agar tidak lupa pelajaran, doa agar mudah menghafal alquran, doa agar dimudahkan mengingat dan memahami sesuatu, doa agar diberi pemahaman terhadap ilmu.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>