Doa Makna Ketika Telinga Berdengung dan Artinya

Konten []
    Mustafalan.com - Doa makna ketika telinga berdengung dan artinya. Pernahkan Anda mengalami telinga yang berbunyi "ngung" atau "nging"? Jika iya, maka itu dinamakan berdengung atau berdenging.

    doa dan makna telinga berdengung atau berdenging

    Mengapa kita bisa mengalami hal tersebut? Hal tersebut terjadi ketika kita menerima gelombang suara dengan frekuensi lebih tinggi dibanding yang biasa kita dengar. Ini bisa jadi merupakan awal munculnya sebuah penyakit atau kelainan dari tubuh kita.

    Dalam perspektif agama Islam, telinga yang berdengung atau berdenging disebut-sebut sebagai tanda bahwa Rasulullah SAW tengah menyebut nama kita, membisikannya melalui telinga secara pelan dan perlahan.

    Maka dari itu ada banyak yang menyebut bahwa saat telinga berdengung sebaiknya kita segera membaca doa untuk bersholawat dan meninggikan nama Nabi Muhammad SAW agar beliau selalu diberi syafaat dan kebaikan.

    Dalam perspektif ilmu medis, telinga yang berdengung atau berdenging dapat menjadi sebuah pertanda kelainan atau awal munculnya penyakit dalam tubuh kita. Ada makna dibalik telinga yang berdengung baik kanan maupun kiri.

    Di sini kita akan membahas mengenai doa dan makna ketika telinga sebagai indera pendengaran berdengung atau berdenging dalam agama Islam maupun dunia kedokteran. Doa diambil dan bersumber dari berbagai hadits shahih.

    Doa Ketika Telinga Berdengung

    doa ketika telinga berdengung berdenging

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa saat telinga berdengung, maka itu bisa jadi merupakan tanda panggilan dari Muhammad SAW kepada umatnya di seluruh bumi agar mengingatnya maka dari itu kita dianjurkan langsung membaca doa.

    Doa ditujukan untuk memuliakan Baginda Nabi, memohon kepada-Nya agar Muhammad beserta keluarganya diberi rahmat dan kebaikan serta dilimpahkan berkah yang amat banyak dari Allah SWT.

    Berikut adalah dua doa yang bisa dibaca pada saat telinga kanan berdengung atau telinga kiri berdenging dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih yang singkat.

    1. Doa Ketika Telinga Berdengung


    اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ذَكَرَهُ اللهُ مَنْ ذَكَرَنِيْ بِخَيْرٍ

    Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin, dzakarahullâhu man dzakaranî bikhairin.

    Artinya :
    "Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas sayyidina Muhammad dan atas keluarga sayyidina muhammad. Semoga Allah menyebut dengan rahmat orang yang menyebutku dengan kebaikan."

    2. Doa Ketika Telinga Berdenging


    اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحَمَّدٍ ذَ كَرَاللهُ بِخَيْرٍ مَنْ ذَ كَرَنِيْ

    Allaahumma sholli ‘alaa Muhammadin dzakarallaahu bikhoirin man dzakaronii.

    Artinya :
    "Ya Allah semoga sholawat dilimpahkan atas Nabi Muhammad. Semoga Allah menyebut suatu kebaikan kepada orang yang menyebut daku."

    Makna Ketika Telinga Berdengung

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa telinga atau kuping berdenging memiliki makna atau tanda sebagai awal mula munculnya penyakit dan kelainan di dalam telinga, gendang telinga maupun daun telinga.

    Untuk tanda telinga kanan berbeda dengan tanda pada telinga kiri. Masing-masing memiliki kemungkinan yang belum dapat dipastikan. Untuk itu segeralah ke dokter apabila telinga berdenging terus menerus tanpa henti.

    Berikut adalah makna dari telinga yang berdenging bagian kanan dan kiri ketika kita tiba-tiba mendengar suara "ngiing" atau nguung" secara mendadak.

    1. Telinga Kanan Berdengung

    Berikut adalah beberapa arti, tanda, makna, rahasia, firasat, mitos, dibalik telinga kanan yang berdengung:
    • Merupakan tanda bahwa telinga bagian dalam rusak.
    • Pertanda munculnya tumor otak.
    • Terjadi karena ada suara keras karena telinga kanan merupakan tempat masuknya suara.
    • Tanda awal munculnya penyakit meniere, tinnitus pulsatile, atau abnormalitas.

    2. Telinga Kiri Berdengung

    Sementara itu, berikut adalah mitos, rahasia, maka, fakta, firasat, tanda, arti dibalik telinga  kiri yang berdenging:
    • Merupakan tanda munculnya penyakit tinnitus pulsatile, meniere dan trauma pada otak.
    • Tanda bahwa pendengaran mulai berkurang dan bahkan berpotensi mengalami tuli.
    • Ada banyak kotoran yang hinggap di telinga bagian kiri.
    • Struktur tulang di telinga bagian dalam maupun tengah mengalami perubahan.

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa telinga berdengung, panggilan Nabi Muhammad SAW, kuping berdenging, makna arti telinga sebelah kiri kanan berdenging menurut islam, obat, telinga kanan berdengung tandanya apa, menurut kejawen, waktu, dan sebagainya.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments