Doa Agar Diberi Kermudahan Dalam Menghadapi Masalah

Doa Agar Diberi Kermudahan Dalam Menghadapi Masalah
Konten []
    Mustafalan.com - Doa supaya diberi kemudahan dalam menghadapi masalah. Dalam menjalani kehidupan, setiap orang tentu tidak akan lepas dari yang namanya masalah. Saat menjalani cobaan, disitulah kita kadang mengalami kesulitan untuk mengatasinya.

    doa agar diberi kemudahan dalam menghadapi masalah

    Baik kesulitan dalam menghadapi masalah, ketika ujian atau tes, saat hendak melahirkan, ketika mengikuti lomba atau kompetisi, dan sebagainya. Pastinya kita berharap diberi kemudahan oleh Allah SWT.

    Memang benar, dan sudah sepatutnya kita sadari bersama bahwa tidak ada cobaan yang tidak bisa kita lewati, Allah SWT tidak akan membebankan kesulitan yang diluar batas kemampuan hamba-Nya. Hanya saja, kita belum menemukan solusi atau jalan keluarnya.

    Memperbanyak doa supaya diberi kemudahan dalam segala urusan adalah hal yang patut dijadikan amalan. Semakin banyak doa yang kita panjatkan, semakin banyak pula pertolongan yang Allah Ta'ala berikan kepada kita, asal kita berdoa dengan sungguh-sungguh.

    Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa doa yang dapat dilafadzkan untuk memohon kemudahan, dijauhkan dari segala macam kesulitan dalam menghadapi ujian atau cobaan yang berat. Insya Allah doa ini mampu membuat kita bisa melewati sebuah masalah.

    Doa Agar Diberi Kemudahan

    doa agar diberi kemudahan

    Ada beberapa macam doa yang bisa kita lafadzkan untuk meminta kemudahan dalam segala hal, doa dilancarkan pekerjaan, doa mohon kemudahan dan kelancaran, doa supaya dimudahkan segala urusan dan disempurnakan hajat.

    Berikut adalah macam-macam doa agar diberi kemudahan dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia yang lengkap sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih singkat dan lengkap.

    1. Doa Agar Diberi Kemudahan Saat Ujian

    Saat menghadapi ujian, tes, ulangan dan sebagainya, silahkan baca doa berikut ini ketika merasa pusing dan tidak tahu cara menyelesaikan sebuah soal.

    اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

    Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla.

    Artinya :
    “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”

    2. Doa Diberi Kemudahan Untuk Menghadapi Masalah

    Saat dirundung masalah, baik masalah pribadi maupun ada hubungannya dengan orang lain, silahkan baca doa berikut agar masalah cepat selesai.

    رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

    Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qouli.

    Artinya :
    “Ya Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, supaya mereka bisa mengerti perkataanku.”

    3. Doa Agar Diberi Kemudahan dan Ketenangan Hati

    Saat menghadapi masalah yang sulit tentu hati kita tidak akan tenang, dan hati yang gelisah itulah yang membuat pikiran kita buntu untuk mencari solusi akan sebuah masalah. Bacalah doa berikut untuk minta ketenangan hati.

    رَبَّنَا ءَاتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

    Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayya lanaa min amrinaa rosyada.

    Artinya :
    "Wahai Tuhan kamu berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami."

    4. Doa Agar Diberi Kemudahan Dalam Melunasi Hutang

    Jika memiliki masalah ekonomi atau keuangan, khususnya apabila memiliki hutang yang menumpuk dan segera dibayar. Amalkan doa ini untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT agar tidak dipersulit dalam melunasi hutang.

    اللهم يسر ولا تعسر

    Alloohumma yassir wa laa tu’assir.

    Artinya :
    “Ya Allah mudahkanlah dan jangan Engkau persulit.”

    5. Doa Agar Diberi Kemudahan Dalam Melahirkan

    Sebagai seorang ibu, proses persalinan adalah pertaruhan antara hidup dan mati. Alangkah baiknya saat hendak melahirkan, bacalah doa berikut ini sebagai amalan agar segala urusannya dipermudah.

    إِنَّا جَعَلْنَا مَا عَلَى الْأَرْضِ زِينَةً لَهَا لِنَبْلُوَهُمْ أَيُّهُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا

    Artinya :
    "Sesungguhnya Kami telah jadikan apa yang ada di muka bumi sebagai perhiasan baginya, kerana kami hendak menguji mereka, siapakah di antaranya yang lebih baik amalnya."

    6. Doa Agar Diberi Kemudahan Dalam Lomba

    Dunia ini berkembang dengan sebuah kompetisi. Ada banyak macam lomba yang diselenggarakan di dunia ini mulai dari tingkat sekolah, nasional hingga internasional. Bacalah doa ini untuk meminta kepada Allah SWT agar dipermudah untuk menjadi juara lomba.

    ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِي

    Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtho’na, robbanaa walaa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih, wa’ fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa ‘ala al qaumilkaafiriin.

    Artinya :
    "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

    7. Doa Agar Diberi Kemudahan dan Kesabaran

    Yang terakhir adalah doa untuk memohon kesabaran ketika menghadapi masalah. Sikap sabar adalah kunci utama untuk berpikir jernih mencari solusi dari sebuah masalah yang tidak kunjung selesai. Bacalah doa berikut ini.

    يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ

    Yaa hayyu ya qoyyum birohmatika astagist.

    Artinya :
    “Wahai Yang Maha Hidup Kekal, Yang terus menerus mengurus ( mahluk-Nya ), hanya dengan rahmat-Mu saja, saya meminta pertolongan.”

    Kesimpulan

    Itulah macam macam doa agar diberi kemudahan, doa memohon kemudahan rezeki, ketenangan hati, doa dimudahkan segala urusan dunia akhirat, doa agar diberi kemudahan dalam bekerja, doa dimudahkan ujian, jodoh, dzikir, wirid, dan sebagainya.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>