Bacaan Doa Mohon Kesembuhan Penyakit dalam Islam

Mustafalan.com – Bacaan doa mohon kesembuhan penyakit dalam islam. Tubuh manusia itu lemah, tidak selamanya badan dikaruniai kondisi yang prima, ada kalanya kesehatan menurun sehingga menyebabkan penyakit mudah singgah di dalam tubuh.

Meski tidak ada orang yang berharap memiliki penyakit, khususnya penyakit parah dalam jangka waktu yang lama, namun setiap manusia pasti pernah merasakan sakit minimal satu kali selama hidupnya baik penyakit ringan maupun penyakit berat.

Ketika kondisi tubuh sedang tidak sehat, tubuh sedang dilanda penyakit, apalagi jika sudah parah, maka kemungkinan itu dapat membuat aktifitas terganggu, bahkan kadang dokter tidak memperbolehkan kita untuk bangun dari tempat tidur.

Jika kejadian tersebut terjadi, maka aktifitas kita akan terganggu, termasuk ibadah seperti sholat, mengambil air wudhu dan sebagainya. Meskipun dapat sholat dengan posisi berbaring, namun kita pasti berharap bisa segera sembuh.

Ada dua hal yang membuat sebuah penyakit bisa diangkat dari tubuh kita, pertama karena kondisi tubuh semakin membaik karena obat atau sistem kekebalan tubuh meningkat dan ada juga yang karena kehendak Allah SWT.

Perlu diingat bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini merupakan kehendak dari Allah SWT. Jika kita terserang penyakit sudah lama, tidak kunjung sembuh, berdoalah kepada Allah SWT agar diangkat penyakitnya baik untuk menyembuhkan sakit kepala, menyembuhkan sakit perut, dsb.

Bacaan Doa Mohon Kesembuhan Penyakit

doa mohon kesembuhan

Ada banyak doa meminta kesembuhan penyakit yang ampuh dan mustajab. Doa-doa berikut berasal dari sabda langsung oleh Rasulullah SAW, hadits yang shahih maupun ayat-ayat suci al-Quran. Namun inti dari semua doa ini sama, yakni meminta agar lekas sembuh.

Berikut adalah berbagai macam doa yang bisa dibaca untuk minta kesembuhan untuk diri sendiri, orang lain, keluarga, sahabat, kerabat, saudara, teman, dan sebagianya dari segala penyakit berbahaya.

Berikut adalah lafadz bacaan doa kumpulan doa yang dibaca untuk orang sakit, doa kesembuhan penyakit dalam islam, doa untuk orang sakit dibaca 7 kali dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan Indonesia sesuai sunnah rasul berdasar hadits shahih.

1. Doa Minta Kesembuhan Untuk Diri Sendiri

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.

Artinya:
“Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu.”

2. Doa Untuk Orang Sakit Dibaca 7 Kali

أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A’udzuu bii ‘izzatillahi wa qudratihi minsyarri maa ajidu wa uhaadziru.

Artinya:
“Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.”

3. Doa Kesembuhan Penyakit Dalam Islam

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.

Artinya:
“Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.”

4. Doa Untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.

Artinya:
“Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau.”

5. Doa Agar Penyakit Diangkat Oleh Allah SWT

لَا بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Lā ba’sa thahūrun insyā’allāhu.

Artinya:
“(Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah.”

6. Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah

رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin.

Artinya:
“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.”

7. Doa Untuk Orang Tua Sakit

لَا بَأْسَ طَهُورٌ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Lā ba’sa thahūrun insyā’allāhu.

Artinya:
“Tidak masalah, ia (penyakit ini) menjadi pembersih (dosa) insya Allah.”

Kesimpulan

Itulah beberapa doa mohon kesembuhan dalam agama Islam untuk orang yang sakit parah, doa agar lekas sembuh, cepat pulih, segera diangkat penyakitnya, teks doa mohon kesembuhan, doa kesembuhan anak, doa kesehatan dan keselamatan keluarga, doa menghilangkan rasa sakit di tubuh.

Firman Allah tentang sakit, doa menjenguk orang sakit latin, doa untuk orangtua sakit, doa untuk orang yang sakit sesuai sunnah, niat puasa untuk menyembuhkan penyakit, surat alquran untuk orang sakit parah dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan komentar