Doa Menyembuhkan Sakit Perut Kembung atau Mencret

Konten []
    Mustafalan.com - Doa menyembuhkan sakit perut kembung atau mencret. Perut adalah organ paling penting dalam proses pencernaan manusia. Setiap makanan dan minuman yang masuk ke tubuh akan dicerna terlebih dahulu sebelum dikeluarkan menjadi feses.

    doa menyembuhkan penyakit perut

    Oleh karena banyak hal yang terjadi di perut, maka tidak heran bila perut menjadi bagian tubuh yang sangat rentan terhadap penyakit. Ada banyak jenis penyakit perut yang dapat diderita manusia dan menimbulkan efek negatif.

    Mulai dari perut kembung, mencret, diare, perih, sembelit, asam lambung, usus buntu, batu ginjal, maag, batu empedu, kolera, dan disentri baik di perut bagian atas, bawah, kanan ataupun kiri. Penyakit perut harus segera disembuhkan.

    Ketika menyadari bahwa perut sedang dalam masalah, maka sebaiknya kita langsung pergi ke klinik, puskesmas ataupun rumah sakit untuk berkonsultasi dan mendapat perawatan dari dokter atau tenaga medis profesional lainnya.

    Jika ada penyakit parah di dalam perut maka dokter akan memberikan resep untuk membeli obat yang dapat kita gunakan untuk beli obat penyembuh sakit perut yang bisa kita temui dengan mudah di apotek terdekat. Sebuah hadits berbunyi sebagai berikut:

    ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَقُلْ بِسْمِ اللهِ ,ثَلاَ ثًا .وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَ تِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

    Artinya :
    “Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah “Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.” (HR. Muslim).

    Selain itu kita juga perlu mengucap doa kepada Allah SWT karena jika tanpa izin-Nya setiap penyakit yang menempel di tubuh kita tidak akan terangkat. Maka dari itu, biasakanlah untuk membaca doa ketika sedang sakit perut.

    Di sini kita akan membahas mengenai doa sakit perut yang dijarkan oleh Rasulullah SAW, Nabi Muhammad. Doa berikut bersumber dari berbagai hadits shahih sesuai sunnah dan akan ditulis dalam tiga jenis teks yaitu Arab, latin dan artinya secara lengkap.

    Doa Menyembuhkan Sakit Perut

    doa menyembuhkan sakit perut

    Penyakit perut yang diderita manusia dapat bersumber dari berbagai macam hal, mulai dari laki-laki, perempuan, orang dewasa hingga bayi/anak-anak memiliki sakit perut yang berbeda pula.

    Jenis kelamin, golongan darah serta status kekebalan tubuh seseorang juga dapat menjadi faktor pemicu munculnya penyakit perut yang membuat perut tidak nyaman. Sesuai dengan hadits di atas, Rasulullah SAW mengajarkan kita sebuah doa.

    Berikut adalah lafadz teks tulisan bahasa Arab, latin dan artinya untuk doa meyembuhkan, mengangkat, menghindari, mengobati penyakit perut dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

    1. Doa Sakit Perut yang Diajarkan Rasulullah SAW

    Dalam hadits shahih yang disertakan sebelumnya kita bisa mengetahui bagaimana Baginda Rasul melakukan amalan, wirid atau dzikir ketika perutnya sedang tidak dalam kondisi terbaik, seharusnya dia tidak terkena penyakit perut.

    Yang pertama harus dilakukan adalah menempelkan tangan di bagian perut yang sakit, kemudian membaca basmallah sebanyak tiga kali lalu diteruskan dengan membaca doa singkat, ringkas dan pendek ini sebanyak 7 kali.

    أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

    A’uudzu billaahi waqudrotihi min syarrimaa ‘ajidu wa’uhaadziru.

    Artinya :
    "Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan."

    2. Doa Sakit Perut Karena Haid Perempuan

    Sudah menjadi kodrat bagi seorang wanita atau perempuan untuk mengalami masa haid setiap bulannya secara rutin kecuali sedang dalam masa kehamilan atau telah manopouse. Haid atau datang bulan yang dialami wanita akan menimbulkan perut sakit dan perih.

    Rasa sakit saat haid bisanya muncul di pinggul, atau bagian-bagian sekitar kemaluan wanita. Berdoalah kepada Allah SWT untuk meringankan rasa sakit yang dialami wanita ketika sedang berada dalam masa subuh.

    Bacalah doa singkat dan pendek berikut ini bagi yang merasa perutnya sakit, perih, merasa ingin mual dan pusing ketika haid untuk meminta kesembuhan dari segala penyakit, doa ditujuakn kepada Allah SWT.

    ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَ ثًا .وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَ تِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

    Artinya :
    "Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah “Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan." (HR. Muslim).

    3. Doa Sakit Perut Pada Bayi

    Terakhir adalah doa sakit perut yang diderita oleh bayi atau anak. Biasanya anak dibawah usia tiga tahun hanya bisa menangis ketika merasakan ada sesuatu yang aneh di perutnya. Bayi sangat rentan dengan penyakit karena kondisi tubuhnya masih sangat lemah.

    Karena jika bayi sakit perut, maka akan ada banyak penyakit lain yang mengikutinya mulai dari mencret, diare untuk memohon agar penyakit yang diderita bayi dapat segera disembuhkan oleh Allah Ta'aala.

    Berikut adalah bacaan teks lafadz doa untuk perut bayi yang sakit dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya dalam bahasa Indonesia sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih yang singkat, pendek dan butuh penjelasan nanti.

    اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

    Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dawa-iha wa afiyatil abdani wa syifa-iha wa nuril abshori wa dhiya-iha wa `ala alihi wa shohbihi wa sallim.

    Artinya :
    "Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para shahabat-shahabatnya."

    Kesimpulan

    Sekian artikel mengenai doa menyembuhkan sakit perut, doa untuk anak sakit perut kembung, mencret, had, doa ketika sakit, doa menghilangkan sakit perut, doa kesembuhan untuk anak, agar penyakit diangkat oleh Allah SWT.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments