Doa Menyambut Kelahiran Bayi Anak Sesuai Sunnah

Doa Menyambut Kelahiran Bayi Anak Sesuai Sunnah
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Doa menyambut kelahiran bayi anak sesuai sunnah. Setiap pasangan yang menikah tentu berharap segera dikaruniai anak, apalagi bagi pengantin yang baru nikah. Begitu pula dengan mertua yang mengharapkan cucu mungil dari anak atau menantunya.

doa menyambut kelahiran bayi anak

Namun tidak semua orangtua atau pasangan suami istri dikaruniai buah hati oleh Allah SWT. Ada kalanya mereka harus menunggu lebih lama karena Allah Ta'ala belum mengizinkan, bahkan ada pula yang sampai akhir hayatnya tidak dapat melahirkan anak. Ini adalah salah satu cobaan dari-Nya.

Mungkin kita mengetahui beberapa kasus adopsi anak di mana sepasang suami istri mengangkat anak yatim piatu atau terlantar dari panti asuhan dan kemudian mereka mengasuhnya dengan penuh kasih sayang. Termasuk mengajari kumpulan doa sehari-hari untuk anak.

Rasa sayang itu muncul karena mereka begitu ingin mendapatkan anak dan baru dikabulkan oleh Allah SWT meski bukan merupakan anak kandung mereka. Oleh karena itu kita patut bersyukur apabila dianugerahi anak baik laki-laki maupun perempuan.

Dalam Islam, ada sebuah doa yang bisa dibaca untuk menyambut bayi, anak, atau buah hati yang baru saja lahir ke dunia. Biasanya ucapan syukur atas kelahiran bayi diawali dengan pembacaan doa adzan oleh ayah kandung atau diwakili salah satu kakek apabila ayah tidak dapat melaksanakannya.

Setelah melafadzkan adzan, kemudian diteruskan dengan membaca doa guna menyambut bayi yang lahir ke dunia. Di sini kita akan membahas mengenai doa untuk menyambut bayi yang baru lahir dalam agama Islam berikut ini.

Doa Menyambut Kelahiran Bayi

doa bayi lahir

Doa untuk menyambut bayi lahir ada banyak macamnya, ada yang berasal dari hadits shahih dan ada pula yang bersumber dari ayat suci Al-Quran. Pada dasarnya doa-doa berikut memiliki kesamaan makna yaitu bersyukur atas anugerah bayi atau anak yang diberikan oleh Allah SWT.

Mengawali kelahiran bayi dengan doa insyaallah akan membuat sang jabang bayi akan diberkahi oleh Allah SWT, dijauhkan dari marabahaya, godaan syaitan dan lingkungan yang buruk untuk kehidupannya ketika dewasa. Kita juga bisa melakukan sujud syukur atas kelahiran bayi.

Berikut adalah beberapa macam doa untuk menyambut bayi yang baru lahir, ucapan selamat atas kelahiran anak, bersyukur, berterimakasih, doa syukur atas kelahiran bayi dan sebagainya dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap ringkas singkat pendek.

1. Doa Menyambut Bayi yang Baru Saja Lahir

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْهُ بَارًّا تَقِيًّا رَشِيْدًا وَأَنْبِتْهُ فِي الْإِسْلَامِ نَبَاتًا حَسَنًا

Allaahummaj ‘alhu baarran taqiyyan rasyiidan wa-anbit-hu fil islaami nabaatan hasanan.

Artinya:
"Ya Allah, jadikanlah ia (bayi) orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkanlah ia dalam islam dengan pertumbuhan yang baik."

2. Doa Menyambut Kelahiran 

وَإِنّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Wa innii u’iidzu bika wadzurriyyatahaa minasysyaithaanir rajiim.

Artinya:
"Aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari pada setan yang terkutuk."

3. Doa Bayi Baru Lahir

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَآمَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَآمَّةٍ

A’uudzu bikalimatillaahi at-taammati min kulli syaithaanin wa haammatin wamin kulli ‘ainin lâmmatin

Artinya:
"Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah dari segala setan, kesusahan, dan pandangan yang jahat."

Kesimpulan
Itulah penjelasan mengenai doa menyambut kelahiran bayi, ucapan doa untuk bayi yang baru lahir, doa menjenguk bayi baru lahir, doa ucapan selamat untuk kelahiran anak, ayat alquran untuk bayi baru lahir, ucapan syukur kelahiran anak islam, semoga menjadi anak yang sholeh laki-laki dan perempuan.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>