Doa Menyambut Bulan Suci Ramadhan Sesuai Sunnah

Konten []
    Mustafalan.com - Doa menyambut bulan suci ramadhan sesuai sunnah. Dalam agama Islam kita mengenail ada 4 puasa wajib yang tidak boleh ditinggalkan, salah satu dan yang merupakan puasa paling istimewa adalah puasa ramadhan.

    doa menyambut bulan suci puasa ramadhan

    Puasa ramadhan dikerjakan pada bulan ramadhan selama 30 hari penuh. Setiap orang yang memenuhi syarat sah dan wajib berpuasa tidak boleh mengabaikannya atau akan tercatat sebagai dosa sedangkan bagi pelaksananya, akan mendapat beribu-ribu pahala.

    Banyak sekali hikmah atau faedah dalam bulan Ramdhan, selain menunaikan ibadah puasa wajib ramadhan, ada juga amalan lain yang tak kalah memiliki keutamaan berlimpah antara lain ziarah kubur, lailatul qadar dan zakat fitrah.

    Pada bulan ini Allah SWT juga berjanji akan menutup seluruh pintu neraka dan membuka selebar-lebarnya pintu surga. Setiap amalan dan kebaikan yang dikerjakan di bulan ini akan dilipatgandakan. Semua umat muslim bersukacita dan gembira menyambut datangnya bulan Ramadhan.

    Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita menyambut bulan Ramadhan dengan hati yang senang dan gembira, salah satu caranya adalah dengan membaca doa untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

    Di sini kita akan membahas mengenai doa, dzikir atau wirid yang dibaca pada awal bulan ramadhan lengkap sesuai sunnah berdasar hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

    Doa Menyambut Bulan Suci Ramadhan

    doa menyambut bulan ramadhan

    Doa mengawali puasa ramadhan ini memiliki keutamaan atau fadhilah yang luar biasa diantaranya ialah menunjukkan antusias kita terhadap bulan yang penuh berkah tersebut, bulan yang lebih baik dari bulan-bulan hijriyah lainnya.

    Doa menyambut bulan ramadhan ini bisa dibaca bersama-sama pada saat memastikan bahwa hilal terlihat di langit atau ketika selesai sholat tarawih dan witir di hari pertama puasa ramadhan. Intinya doa ini merupkan amalan yang dapat dilakukan kapan saja.

    Berikut adalah lafadz bacaan teks kalimat doa menyambut bulan suci ramadhan yang kerap diajarkan oleh Rasulullah SAW, Nabi Muhammad SAW ketika beliau masih hidup di duni dan secara rutin menunaikan puasa ramadhan.

    1. Doa Menyambut Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah

     اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ

    Allaahumma baarik lanaa fii Rajabi wa Sya'baana, wa baarik lanaa fii Romadhoona

    Artinya :
    "Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban. serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan."

    2. Doa Menjelang Ramadhan

    اَللّٰهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

    Allaahumma sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu miniii mutaqobbalaa

    Artinya :
    "Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan."

    3. Doa Menyambut Puasa Ramadhan

    للَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

    Artinya :
    "Allahu akbar, ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah."

    Kesimpulan

    Sekian pembahasan mengenai doa menyambut bulan ramdhan sesuai sunnah, doa menjelang ramadhan, doa agar bertemu ramadhan tahun depan, doa sebelum puasa ramadhan, ucapan, hadits menyambut ramadhan, dan sebagainya.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments