Bacaan Doa Ziarah Kubur Singkat Sampai Lengkap

Konten []
    Mustafalan.com - Bacaan doa ziarah kubur singkat sampai lengkap. Ziarah adalah kegiatan mengunjungi makam kerabat atau keluarga untuk mendoakan arwahnya supaya dapat diterima di sisi Allah SWT. Ziarah disebut juga dengan melayat atau takziyah.

    bacaan doa ziarah kubur

    Ziarah biasanya dilakukan setelah jenazah dimakamkan di dalam kubur, beberapa hari besar agama Islam menyebabkan terjadinya ziarah massal seperti ketika menjelang masuk bulan suci puasa ramadhan dan juga setelah melaksanakan sholat idul fitri.

    Ziarah kubur yang dilakukan menjelang bulan ramadhan dilakukan untuk mendoakan orang yang telah meninggal dunia, begitu pula dengan ziarah yang dilakukan pada hari lebaran setelah sholat ied berjamaah di masjid.

    Dalam berziarah, umat muslim datang dengan pakaian yang rapi, minimal sopan. Setelah sampai, kemudian duduk di samping makam yang akan didoakan, lalu membaca surat yasin satu kali disertai doa tahlil untuk melengkapinya.

    Ada banyak sekali manfaat dari berziarah, selain mendoakan kebaikan bagi orang yang telah meninggal dunia, juga dapat selalu mengingatkan kita akan kematian. Kita tidak boleh luput dari kenyataan bahwa suatu saat nyawa kita pun akan diambil.

    Ada dua macam doa ziarah kubur, yakni doa pendek yang hanya langsung pada inti doanya serta doa yang panjang dan lebih lengkap yakni bacaan ziarah kubur yang dimulai dengan membaca surat Al-Quran terlebih dahulu kemudian diselingi beberapa doa dan dzikir sebelum dan sesudah doa ziarah.

    Berikut adalah teks, lafadz bacaan doa ziarah kubur yang singkat dan lengkap sesuai sunnah, berdasar hadits shahih, bahasa Arab, tulisan latin dan terjemahan Indonesia atau artinya.

    Bacaan Doa Ziarah Kubur Singkat

    doa ziarah kubur

    Doa ziarah kubur ini hanya dimaksudkan untuk mendoakan supaya dosa-dosa orang yang sudah meniggal dapat diampuni oleh-Nya, mendoakan agar ia ditempatkan di Surga, meluaskan kuburannya, menjadikan kuburan sebagai tempat yang nyaman untuk ahli kubur dan sebagainya.

    اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

    Alloohummaghfir lahu Warhamhu Wa 'Aafihi Wa'fu 'ahu, Wa Akrim Nuzulahu, Wa Wassi' Madkholahu, Waghsilhu Bil Maa'i WatsTsalji Wal Barodi, Wa Naqqihi Minal Khothooyaa Kamaa Naqqaitats Tsaubal Abyadho Minad Danasi, Wa Abdilhu Daaron Khoiron Min Daarihi, Wa Ahlan Khoiron Min Ahlihi, Wa Zaujan Khoiron Min Zaijihi, Wa Adkhilhul Jannata, Wa A'idhu Min 'Adzaabil Qabri.

    Artinya :
    "Ya Allah, Ampunilah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempat-kanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka."

    Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap

    Sedangkan doa ziarah kubur yang lengkap merupakan doa tahlil, doa melayat atau doa takziyah, yakni doa yang dibaca untuk berdzikir dan membaca wirid kepada Allah SWT agar segala hal yang baik dapat diberikan kepada ahli kubur dan segala hal yang buruk dapat dijauhkan darinya.

    Doa ketika ziarah di makam memiliki urutan yang sudah disesuaikan, tidak boleh dilewati atau dilompati. Urutan inilah yang biasanya dijadikan referensi untuk berdoa di depan makam seprti yang dilakukan saat ziarah idul fitri atau ziarah menjelang bulan puasa.

    Berikut adalah urutan langkah-langkah daftar bacaan doa ziarah kubur yang lengkap secara rinci yang dapat dibaca untuk orang yang berniat mengunjungi makam sambil mendoakan yang terbaik untuknya.
    • Pertama, membaca surat Al-Ikhlas tiga kali.
    • Kedua, membaca Al-Falaq satu kali.
    • Lalu, membaca surat An-Naas satu kali.
    • Kemudian membaca surat Al-Fatihah satu kali.
    • Diteruskan dengan membaca awal surat Al-Baqarah satu kali.
    • Dilanjutkan dengan membaca ayat kursi.
    • Setelah itu, dilanjutkan dengan membaca doa ziarah kubur seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
    • Boleh juga menambahkan surat yasin, kebanyakan masyarakat Indonesia menambahkannya, maka dari itu ada banyak orang yang menyebut yasinan ketika membaca doa berziarah kubur.

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai bacaan doa ziarah kubur pdf, sesuai sunnah rasul, bacaan doaz ziarah kubur singkat, umum, orang tua, menurut muhammadiyah, doa untuk mayit, kalimat tahlil, membaca yasin di kuburan dan sebagainya.

    Baca :