Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbuka Puasa

Konten []
    Mustafalan.com - Niat puasa senin kamis dan doa berbuka puasa. Allah SWT mencintai orang yang senantiasa beribadah kepada-Nya, baik itu ibadah wajib maupun sunnah, baik itu sholat maupun puasa. Sholat dikerjakan selama kurang lebih 10 menit sedangkan puasa dikerjakan selama 24 jam.

    niat puasa senin kamis

    Keduanya merupakan ibadah yang dapat menambah amal pahala. Salah satu ibadah yang paling populer dan banyak dikerjakan muslim adalah puasa sunnah senin kamis. Sesuai namanya, puasa ini dikerjakan hanya pada hari senin dan kamis.

    Orang yang ingin mengamalkannya harus berpuasa pada hari senin, kemudian pada hari selasa dan rabu tidak mengerjakan dan baru diteruskan kembali pada hari kamis. Selanjutnya libur lagi untuk hari jumat, sabtu dan juga minggu,

    Ibadah puasa ini memiliki keistimewaan luar biasa, diantaranya adalah merupakan salah satu jenis puasa sunnah yang langsung dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW pada zaman dahulu. Selain itu, puasa sunnah senin kamis juga mampu menjaga tubuh agar semakin sehat.

    Puasa senin kamis dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan diantaranya adalah menjaga kesehatan gigi, menjaga tubuh agar tetap langsing, meremajakan sel-sel kulit, membuang racun dalam tubuh, menurunkan lemak, sebagai obat penghilang stres dan menyehatkan sistem pencernaan.

    Manfaat puasa senin kamis untuk wanita lainnya adalah membuat wajah semakin cantik dan bersinar karena sel-sel kulit yang lama akan lepas dan diganti dengan yang baru sehingga wajah akan semakin cerah.

    Adapun faedah dan fadhilah puasa ini adalah bagi siapa saja yang mengerjakannya, maka Allah SWT akan membukakan baginya pintu surga selebar-lebarnya. Menurut Imam Muslim, hari senin adalah hari yang sangat istimewa dalam Islam sedangkan menurut Tirmidzi, amal seseorang akan diperlihatkan pada dua hari tersebut.

    Bacaan Doa Niat Puasa Senin

    niat puasa senin

    Puasa senin kamis diawali pada hari senin. Tata cara melaksanakannya boleh dikerjakan satu kali dalam seminggu (dua hari) ataupun tanpa batasan waktu tertentu. Puasa senin kamis hanya dilarang pada waktu diharamkannya puasa, yakni pada saat Idul Adha dan Idul Fitri.

    Selain itu, puasa senin kamis boleh dilaksanakan bahkan sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki tubuh yang sehat. Bila sedang terserang penyakit, maka berkonsultasilah kepada dokter apabila ingin menunaikan ibadah puasa sunnah ini.

    Berikut adalah teks, lafadz, bacaan doa niat puasa hari senin dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan Indonesia sesuai sunnah dan hadits shahih.

    نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْإِثْنَيْنِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

    Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatan lillaahi ta’aalaa.

    Artinya :
    "Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Ta’ala."

    Niat puasa pada hari senin diucapkan dimulai setelah sholat isya pada hari minggu hingga sesaat jelang masuk waktu imsak. Bila takut tidak bangun sahur, maka sebaiknya niat puasa ini dilafalkan pada saat hendak tidur.

    Bacaan Doa Niat Puasa Kamis

    niat puasa kamis

    Puasa kedua yang merupakan kelanjutan dari hari senin adalah puasa pada hari kamis. Puasa ini dikerjakan setelah dua hari absen yakni pada hari selasa dan rabu. Meskipun puasa kamis ini merupakan rangkaian dari puasa tiga hari sebelumnya, namun bacaan niatnya memiliki perbedaan.

    Bedanya terletak pada penyebutan nama hari di mana pada puasa senin kita menyebut kat itsnaini yang artinya senin sedangkan pada niat puasa ini kita mengucapkan kata khomiisi yang artinya hari kamis.

    Berikut adalah lafadz, teks bacaan doa niat puasa kamis sesuai sunnah dari hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan terjemahan Indonesia atau artinya.

    نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

    Nawaitu shouma yaumal khomiisi sunnatan lillaahi ta’aalaa.

    Artinya :
    "Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Ta’ala."

    Niat puasa ini boleh dibaca mulai semenjak usai sholat isya pada hari rabu sampai sebelum masuk waktu imsak pada dinihari hari kamis. Waktu musajab untuk melafalaknnya adalah sebelum tidur sehingga kita tidak perlu takut jika tidak bangun untuk makan sahur.

    Bacaan Doa Berbuka Puasa Senin Kamis

    Seseorang mulai mengerjakan puasa ini setelah matahari terbit dari timur yang menandakan bahwa hari mulai pagi. Ketika matahari sudah terlihat, di saat itulah kita mulai berpuasa dengan wajib menahan lapar, dahaga dan hal-hal yang membatalkan puasa.

    Beberapa hal yang membatalkan puasa antara lain haid dan nifas bagi perempuan, keluar air mani bagi laki-laki, makan dan minum disengaja, muntah disengaja, keluar dari agama Islam atau murtad, dan juga hilang akal sehat atau gila.

    Selain itu setiap muslim yang menunaikan ibadah puasa senin kamis harus menahan diri dari ucapan, penglihatan, pendengaran dan perbuatan. Jangan sampai melakukan perbuatan dosa apalagi sampai berbuat zina. Allah SWT sangat tidak menyukai itu.

    Ketika adzan maghrib berkumandang, bertepatan dengan matahari yang telah tenggelam di ufuk barat, maka dengan itu ibadah puasa resmi berakhir. Kita harus segera membatalkannya sesuai sunnah bahwa setiap muslim dianjurkan untuk menyegerakan berbuka.

    Berikut adalah teks, lafadz bacaan doa buka puasa senin kamis yang sama seperti doa buka puasa pada umumnya, termasuk puasa ramadhan.

    اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

    Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

    Artinya :
    "Ya Allah karena-Mu, dengan-Mu aku beriman, dan hanya kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka, atas segala rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih."

    Berbukalah dengan yang manis-manis, kalau ada makanlah tiga buah kurma sesuai anjuran Nabi. Setelah itu laksanakanlah sholat maghrib terlebih dahulu baru lanjutkan dengan makan makanan berat seperti nasi dan lauk-pauk atau roti.

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai niat puasa hari senin kamis, termasuk tata cara, manfaat, hikmah, niat puasa senin kamis untuk jodoh, wanita, hadits, keutamaan dan masih banyak lagi. Semoga kita senantisasa diberi kesehatan untuk tetap melaksanakan puasa ini secara rutin.

    Baca :