Niat Puasa Ramadhan dan Doa Berbuka yang Benar

Konten []
    Mustafalan.com - Niat puasa ramadhan dan doa berbuka yang benar. Puasa wajib jatuh pada bulan suci ramadhan. Dalam Al-quran dijelaskan bahwa pada bulan tersebut semua umat muslim harus menjalankan puasa.

    niat puasa ramdhan dan doa berbuka puasa

    Kecuali bagi mereka yang berhalangan. Diperbolehkan untuk meninggalkannya namun harus menggantinya dengan puasa qadha. Dalam menjalankan puasa ramadhan, yang paling penting dan perlu kita ketahui adalah bacaan niat serta doa berbuka puasanya.

    Niat menjadi pondasi dari puasa ramadhan, penentu apakah puasa yang dilaksanakan sah atau tidak. Sedangkan doa berbuka menjadi akhir dari ibadah puasa selama satu hari. Doa berbuka juga mengisyaratkan bahwa sudah waktunya untuk membatalkan puasa.

    Bagi seorang muslim yang bertaqwa tentu sudh memahami bagaimana bacaan niat serta doa berbuka puasa. Namun ada beberapa orang yang masih keliru melafalkannya. Oleh karena itu, di sini kita akan membahas bagaimana niat puasa dan doa berbuka puasa ramadhan yang benar.

    Bacaan Niat Puasa Ramadhan

    niat puasa ramadhan

    Yang pertama adalah niat puasa. Niat puasa ramdhan dibaca pada malam hari sehari sebelum berpuasa. Jika melakukan puasa pada tanggal 1 ramadhan, maka niat dibaca mulai sesudah sholat isya sehari sebelumnya, tepat ketika hilal pertama kali terlihat.

    Batas waktu akhir mengucapkan niat puasa ramadhan adalah pada saat masuk waktu imsak. Jadi, kita boleh mengucapkan niat puasa pada tiga waktu mustajab, yakni setelah sholat isya atau tarawih, sebelum tidur dan ketika selesai makan sahur.

    Sebelum sahur, biasanya kita tidur terlebih dahulu untuk memulihkan energi. Namun ada juga beberapa orang yang memilih tidak tidur dan menunggu waktu sahur sambil mengerjakan sholat sunnah seperti tahajud ataupun istikharah.

    Jika kita adalah tipe orang yang memilih tidur terlebih dahulu, ada baiknya membaca niat maksimal saat hendak tidur. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari hal buruk yakni tidak bangun sahur. Karena jika tidak membaca niat sampai sebelum imsak, maka puasa tidak akan sah.

    Lebih baik membaca terlebih dahulu pada malam hari sehingga tidak perlu khawatir ketika tidak bangun untuk makan sahur pada pagi hari. Dengan begitu, puasa ramadhan akan terus berjalan dengan lancar.

    Berikut adalah lafadz bacaan doa niat puasa ramadhan yang benar sesuai sunnah yang dicontohkan Nabi Muhammad dalam bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia secara lengkap dan detail.

    نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

    Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhona haadzihis sanati lillahi ta'ala.

    Artinya :
    "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

    Doa Berbuka Puasa Ramadhan

    doa berbuka puasa

    Puasa ramdhan dilakukan mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Pada waktu tersebut kita dilarang makan, minum dan melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa seperti berbohong, marah, berbuat zina dan lain sebagainya.

    Itulah ujian pada saat berpuasa. Kita harus melewatinya minimal sampai waktu berbuka puasa yakni pada saat matahari terbenam atau adzan maghrib telah berkumandang. Ketika berbuka, diwajibkan untuk membaca doa terlebih dahulu.

    Doa berbuka puasa dibaca untuk membatalkan puasa ramadhan yang ditunaikan. Setelah berdoa untuk berbuka, dilanjutkan dengan minum air terlebih dahulu, usahakan air hangar agar perut tidak kaget dan bisa mencerna dengan sempurna.

    Kemudian dilanjutkan dengan makan beberapa cemilan untuk mengganjal perut. Setelah itu, sholat maghrib terlebih dahulu dan jika sudah selesai, barulah boleh makan makanan yang berat dan mengandung banyak karbohidrat untuk memulihkan energi.

    Berikut adalah teks lafadz bacaan doa berbuka puasa ramadhan yang benar dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia atau artinya secara lengkap. Mudah dihafal untuk anak TK dan SD.

    َللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

    Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

    Artinya :
    "Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih."

    Kesimpulan

    Itulah niat puasa ramadhan serta doa buka puasa yang lengkap, niat puasa in english, niat puasa ramdhan satu bulan penuh, niat sahur, tata cara, panduan, tuntunan, ketentuan puasa ramadhan yang penuh keutamaan, manfaat, khasiat, faedah, fadhilah dan hikmah yang melimpah.

    Baca :