Doa Ketika Melihat Jenazah (Mayit) Lewat

Konten []
    Mustafalan.com - Doa ketika melihat jenazah (mayit) lewat. Ada awal pasti ada akhir. Setiap manusia yang lahir ke dunia pasti akan menemui ajalnya. Bumi telah dihuni lebih dari 5 milyar orang dan setiap harinya, pasti ada yang meninggal dunia entah di belahan dunia mana.

    doa ketika melihat jenazah mayit

    Ketika kita melihat jenazah, mayit, mayyit atau mayat yang lewat di depan mata ataupun saat kita mengiringinya menuju ke tempat peristirahatan terakhir, maka kita perlu membaca doa. Sebagaimana doa merupakan cara untuk meminta dan memohon kepada Allah SWT.

    Doa melihat mayyit atau jenazah diucapkan ketika di jalan melihat keranda yang berisi orang meninggal yang hendak dikubur, atau ketika menemukan orang meninggal di suatu tempat, atau ketika kita berkunjung ke rumah duka dan mayit masih berada di dalam rumah.

    Jenazah yang belum dikuburkan dan sudah dikuburkan ternyata perlu didoakan dengan cara yang berbeda.. Biasanya orang yang meninggal dunia akan dibacakan surat yasin terlebih dahulu, kemudian dimandikan dan setelah itu disholatkan.

    Setelah selesai, para warga sekitar, tamu, keluarga yang datang dari jauh perlahan-lahan akan berkunjung dan saat melayat inilah waktu yang tepat untuk membaca doa ketika melihat jenazah yang terbaring.

    Bacaan Doa Ketika Melihat Jenazah

    doa ketika melihat jenazah

    Doa yang dibaca untuk mayyit ketika melihatnya sebelum dikubur bertujuan untuk mendoakan sang mayyit supaya menjadi ahli surga, diampuni segala dosanya yang pernah diperbuat selama hidup di dunia baik yang disengaja maupun tidak.

    Kemudian doa ini juga bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT supaya orang yang meninggal dunia (baik laki-laki atau perempuan) dapat diberi kesenangan di alam kubur. Maksudnya adalah dihindarkan dari segala siksa kubur oleh para malaikat.

    Doa ini ditujukan kepada Allah SWT, Tuhan yang maha hidup serta tidak mati, Tuhan yang mengatur segala kehidupan dan meninggalnya orang di dunia. Berikut adalah teks, lafadz bacaan doa ketika melihat jenazah yang lewat sesuai sunnah dan berdasar hadits shahih.

    سُبْحَانَ الْحَيِّ الَّذِىْ لاَيَمُوْتُ. اَللهُمَّ اغْفِرْلِهَذَاالْمَيِّتِ وَارْحَمْهُ. اَللهُمَّ اَنِسْ فِى الْقَبْرِ وَحْدَتَهُ وَغُرْبَتَهُ وَنَوِّرْ قَبْرَهُ

    Subhaanal hayyil ladzii la yamuutu alloohummaghfir lihaadzal mayyiti warhamhu alloohumma aanis fil qobri wahdatahuu wa ghurbatahuu wa nawwir qobrohuu.

    Artinya :
    "Maha Suci Allah Dzat yang maha Hidup yang tidak mati. Ya Allah, berilah ampunan kepada mayyit ini dan belas kasihanilah dia, ya Allah berikanlah kesenangan kepadanya dalam kubur sendirian dan dalam rantauan sersta sinarilah kuburnya."

    Bacaan Doa Ketika Mayit Dimasukkan ke Dalam Kubur

    Sementara itu, doa ketika menyaksikan jenazah dimasukkan ke liang lahat bertujuan supaya agar Allah SWT membukakan pintu langit untuknya. Maksudnya adalah memberkahi orang yang baru saja meninggal supaya diberi perlindugan di alam kubur.

    Doa ketika melihat mayit ini relatif cukup pendek dibanding bacaan doa sebelumnya, tentu saja lebih mudah dihafalkan. Berikut adalah lafadz bacaan kalimat doa saat melihat jenazah dimasukkan ke dalam kuburan bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

    اَللهُمَّ افْتَحْ اَبْوَابَ السَّمَآءِ لِرُوْحِ هذَاالْمَيِّتِ وَاَكْرِمْ نُزُلَه وَوَسِّعْ قَبْرَهُ

    Alloohummaftah abwaabas samaa-I liruuhi haadzal mayyiti wa akrim nuzulahuu wa wassi' qobrohu.

    Artinya :
    "Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu langit untuk roh mayit ini dan muliakanlah tempatnya serta lapangkanlah kuburannya."

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa yang dibaca saat melihat mayit atau jenazah yang meninggal dunia, anjuran, kalmat, doa saat mendengar kabar kematian, doa saat melihat orang yang baru meninggal, usungan jenazah, doa menerima berita kematian, alfatihah untuk orang meninggal.

    Baca :