Doa Haji Mabrur Arab Latin Allahumma Hajjan Mabruran

Konten []
    Mustafalan.com - Doa haji mabrur arab latin allahumma hajjan mabruran. Haji mabrur adalah istilah bagi seseorang yang telah menunaikan ibadah haji di tanah suci sekaligus mendapat amal kebaikan serta menjauhi semua dosa.

    bacaan doa haji mabrur

    Intinya, seorang haji atau hajjah yang mabrur adalah mereka yang mendapat syafaat dari Allah SWT sehingga setelah pulang dari Arab Saudi mereka mendapat hikmah untuk semakin meningkatkan amal ibadahnya dan makin hati-hati agar tidak melakukan kesalahan atau dosa.

    Puncak ibadah haji sendiri dilaksanakan setiap tanggal 12 dan 13 dzulhijjah yakni tepat setelah puasa tarwiyah dan arafah. Ibadah haji sendiri dilaksanakan selama 40 hari atau sebulan lebih. Seluruh orang di dunia tentu berharap agar hajinya menjadi mabrur.

    Istilah lain dari haji mabrur adalah makbul. Dan salah satu syarat untuk mendapatkan kemabruran ketika berhaji adalah menjalankan seluruh syarat dan ketentuan dalam beribadah haji termasuk tawaf, ihram, mengelilingi ka'bah dan lain-lain.

    Mabrur atau tidaknya seorang haji tidak bisa dipastikan. Itu sepenuhnya berasal dari hati yang paling dalam. Hanya diri sendiri yang dapat menentukan apakah ibadah haji yang ia laksanakan memberi manfaat bagi peningkatan iman dan taqwa kepada Allah SWT atau tidak.

    Bacaan Doa Haji Mabrur

    doa haji mabrur

    Di sini ada doa memohon agar haji mabrur yang kerap dilafadzkan jemaah haji di kota suci Mekkah dan Madinah. Doa pendek berikut memiliki makna bahwa kita memohon kepada Tuhan yang Maha Esa, supaya ibadah haji kita dimabrurkan.

    Selain itu, dalam doa ini juga tersirat permohonan agar ibadah haji yang dijalankan dapat memberi faedah, fadhilah, keutamaan dan hal-hal bermanfaat lain baik bagi diri sendiri, keluarga, orang lain, kerabat, teman dan lain sebagainya.

    Terakhir, doa agar haji mabrur ini diucapkan untuk memohon berkah kepada Allah SWT dan pengampunan dosa bagi yang merasa pernah melakukan dosa di hari-hari sebelumnya. Bacalah doa ini sesering mungkin ketika beribadah di Tanah Suci.

    Berikut adalah lafadz bacaan doa memohon agar haji mabrur dalam bahasa Arab, latin dan artinya sesuai sunnah atau terjemahan Indonesia secara lengkap yang pendek, ringkas dan singkat.

    اللهم اجعله حجًّا مبرورًأ، سعيًا مشكورًا، وذَنْبًا مغفورًا

    Allahummaj’alahu hajjan mabruura, wa sa’yan masykuura, wa dzanban maghfuura.

    Artinya:
    "Ya Allah jadikan haji ini sebagai haji yang mabrur, sa’i yang penuh berkah, dan pengampun bagi dosa."

    Tips Agar Haji Mabrur

    Doa tanpa usaha ibarat sayur tanpa garam. Begitu pula dengan sebaliknya. Selain terus berdoa, kita juga perlu melakukan sesuatu untuk mendapat status mabrur ketika beribadah haji. Diantaranya adalah sebagai berikut.
    • Memiliki niat yang tinggi untuk menunaikan ibadah haji.
    • Biaya yang digunkan untuk berangkat haji berasal dari sumber yang halal.
    • Berangkat dengan penuh rasa gembira, selalu berdoa saat di perjalanan.
    • Memperbanyak membaca doa haji mabrur setibanya di Arab Saudi.
    • Mengikuti setiap kegiatan ibadah dengan khusyu'.
    • Memperbanyak dzikir, wirid atau doa ketika waktu senggang atau istirahat.
    • Bertobat kepada Allah SWT atas segala dosa yang pernah diperbuat.

    Dan masih banyak lagi hal-hal yang bias dilakukan agar mendapat haji mabrur. Perlu diingat kembali bahwa mabrur itu bukan status yang pasti, tidak dapat ditentukan secara kasat mata apakah seorang haji mabrur atau tidak, yang bisa menentukan adalah diri kita sendiri karena hal tersebut berasal dari hati yang terdalam.

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan doa haji supaya mabrur, pdf, tulisan arab, doa untuk orang pergi haji, hajjan mabruran wa saiyan, doa untuk melepas orang berangkat haji mabrur, umrotan mabruran, artinya, ucapan selamat haji mabrur, arti mabrur dan mabruroh, dan sebagainya.

    Baca :