Lafadz Bacaan Doa Kalimat Tasbih, Takbir, Tahlil, Tahmid

Mustafalan.com – Lafadz bacaan doa  kalimat tasbih, takbir, tahlil, tahmid. Empat kalimat atau bacaan yang akan dibahas pada kesempatan kali ini merupakan kalimat yang baik untuk diucapkan. Bahkan saking baiknya, sering dijadikan doa setelah sholat atau biasa disebut dzikir.

Maka dari itu, baik tasbih, takbir, tahlil dan tahmid sering pula disebut dengan bacaan dzikir. Doa ini merupakan salah satu dari kalimat thayyibah, yakni kalimat yang sangat dicintai oleh Allah SWT, kalimat yang memiliki keutamaan dan faedah luar biasa bagi pembacanya.

Semua doa tersebut tidak ada yang panjang, tetapi ringkas dan mudah dihafal semua. Maka dari itu, sangat baik apabila mengajarkan empat doa dzikir yang memiliki keistimewaan luar biasa ini kepada anak-anak sejak masih dini.

Minimal ajarkan mereka membaca doa ini setelah selesai sholat fardhu atau sholat wajib. Membaca masing-masing doa tasbih, takbir, tahlil dan tahmid sebanyak 33 kali setelah sholat wajib akan membuat sholat yang kita tunaikan semakin sempurna.

Di sini kita akan membahas mengenai keempat doa tersebut, bagaimana lafadz bacaan doanya, kapan sebaiknya diucapkan, bagaimana tulisan latinnya, teks bahasa Arabnya atau terjemahan Indonesianya. Untuk selengkapnya silahkan simak penjelasan berikut.

Lafadz Bacaan Doa Tasbih

bacaan doa kalimat tasbih subhanallah

Tasbih ialah ucapan untuk menunjukkan rasa kagum atas ciptaan Allah SWT. Telah kita ketahui bersama bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini tercipta dan terjadi atas kehendak-Nya. Termasuk keajaiban-keajaiban dunia yang kita anggap langka dan diluar nalar pemikiran manusia.

Membaca doa tasbih setelah sholat wajib lima waktu sangatlah utama. Karena Allah SWT menjanjikan surga bagi siapa saja yang mengamalkan secara rutin dan istiqomah. Kalimat ini juga merupakan kalimat yang paling dicintai Allah Ta’ala.

Orang yang membacanya akan diampuni segala dosanya, lebih dari itu, ucapan tasbih juga dapat menjadi salah satu kesaksian mengenai kebaikan seseorang pada hari kiamat. Berikut adalah lafadz bacaan doa kalimat tasbih yang benar menurut bahasa Arab, latin dan artinya.

سُبْحَانَ اللهِ

Subhaanallah.

Artinya:
“Maha Suci Allah.”

Lafadz Bacaan Doa Takbir

bacaan doa kalimat takbir allahu akbar

Takbir ialah bacaan doa yang maknanya adalah memuji keagungan Allah SWT, memuliakan dan meninggikan nama-Nya. Barang siapa membaca doa ini, maka meyakini bahwa tidak ada hal lain yang lebih tinggi dan lebih mampu dari Allah SWT.

Doa takbir inilah yang kerap kita sebut dengan bacaan takbiratul ikhram pada saat sholat. Juga merupakan kalimat yang dibaca ketika melakukan pergantian gerakan sholat. Doa takbir pun diucapkan saat melihat sesuatu yang luar biasa.

Bacalah doa ini sebanyak 33 kali selesai sholat wajib, maka Allah SWT akan memberikan berkah yang luar biasa bagi mereka baik ketika masih hidup di dunia maupun setelah meninggal pada saat melakukan perhitungan timbangan amal kebaikan di akhirat.

Bacaan takbir ini menjadi salah satu teks kalimat yang paling disukai oleh-Nya. Menjadi satu sunnah muakkad bagi seorang muslim yang melihat kejadian aneh, unik, langka, luar biasa, ajaib di dunia untuk membaca doa tersebut. Berikut adalah lafadz bacaan doa takbir yang tepat.

اَللهُ اَكْبَرُ

Allahu akbar.

Artinya:
“Allah Maha Besar.”

Lafadz Bacaan Doa Tahlil

Bacaan tahlil atau tahlilan ialah doa yang diucapkan untuk orang yang telah meninggal dunia, atau juga dapat dibaca saat selesai sholat fardhu sebagai amalan tambahan. Doa tahlil ini memiliki susunan yang pasti dan tidak boleh ditukar atau didahulukan dan dilewatkan.

Berikut adalah lafadz bacaan doa tahlil, teks tahlilan, susunan bacaan tahlil yang benar sesuai sunnah bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia lengkap yang kerap juga dijadikan bagian dari rangkaian doa selamatan.

سْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ اللَّهُ الصَّمَدُ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَد

لاَ إِلهَ إِلَّا اللهُ اَللهُ أَكْبَرْ وَلِلّهِ اْلحَمْدُ

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ * مِن شَرِّ مَا خَلَقَ * وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ *

وَمِن شَرِّ النَّفَّـثَـتِ فِى الْعُقَدِ * وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

لاَ إِلهَ إِلَّا اللهُ اَللهُ أَكْبَرْ وَلِلّهِ اْلحَمْدُ

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ مَلِكِ النَّاسِ إِلَهِ النَّاسِ مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

لاَ إِلهَ إِلَّا اللهُ اَللهُ أَكْبَرْ وَلِلّهِ اْلحَمْدُ

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّين أمِينْ

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. الم ذَلِكَ اْلكِتَابُ لاَرَيْبَ فِيْهِ هُدًى لِلْمُتَّقِيْنَ. اَلَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلاَةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُوْنَ.وَالَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ وَبِالْاخِرَةِ هُمْ يُوْقِنُوْنَ. اُولئِكَ عَلَى هُدًى مِنْ رَبِّهِمْ وَاُولئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ. وَإِلهُكُمْ إِلهُ وَاحِدٌ لاَإِلهَ إِلاَّ هُوَ الرَّحْمنُ الرَّحِيْمُ اللهُ لاَ إِلَهَ اِلاَّ هُوَ اْلحَيُّ الْقَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُه سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ. لَهُ مَافِى السَّمَاوَاتِ وَمَافِى اْلأَرْضِ مَنْ ذَالَّذِى يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلاَيُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَلاَ يَؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ. لِلّهِ مَافِى السَّمَاوَاتِ وَمَا في اْلأَرْضِ وَإِنْ تُبْدُوْا مَافِى أَنْفُسِكُمْ أَوْ تُخْفُوْهُ يُحَاسِبْكُمْ بِهِ اللهِ فَيُغْفِرُ لِمَنْ يَشَاءُ وَيُعَذِّبُ مَنْ يَشَاءُ. وَاللهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. امَنَ الرَّسُوْلُ بِمَا أُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَبَّهِ وَالْمُؤْمِنُوْنَ. كُلٌّ امَنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لاَنُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيْرُ. لاَيُكَلِّفُ نَفْسًا إِلاَّ وُسْعَهَا لَهَا مَاكَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَااكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لاَتُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِيْنَ أَوْ أَخْطَعْنَا رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَالاَطَاقَةَ لَنَا بِه

وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا 7

أَنْتَ مَوْلاَنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِيْنَ. إِرْحَمْنَا يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ 7

أللّهمّ اصْرِفْ عَنَّا السُّوْءَ بِمَا شِئْتَ وَكَيْفَ شِئْتَ إِنَّكَ عَلَى مَاتَشَاءُ قَدِيْرُ 3

وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الْبَيْتِ إِنَّهُ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. إِنَّمَا يُرِيْدُ اللهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيْرًا. إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِي يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ أمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمَا.

أَللّهُمَّ صَلِّ أَفْضَلَ الصَّلاَةِ عَلَى أَسْعَدِ مَخْلُوْقَاتِكَ نُوْرِ الْهُدَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدْ. عَدَدَ مَعْلُوْمَاتِكَ وَمِدَادَ كَلِمَاتِكَ كُلَّمَا ذَكَرَكَ الذَّاكِرُوْنَ. وَغَفَلَ عَنْ ذِكْرِكَ الْغَافِلُوْنَ.

أَللّهُمَّ صَلِّ أَفْضَلَ الصَّلاَةِ عَلَى أَسْعَدِ مَخْلُوْقَاتِكَ شَمْسِ الضُّحَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدْعَدَدَ

مَعْلُوْمَاتِكَ وَمِدَادَ كَلِمَاتِكَ كُلَّمَا ذَكَرَكَ الذَّاكِرُوْنَ. وَغَفَلَ عَنْ ذِكْرِكَ الْغَافِلُوْنَ

أَللّهُمَّ صَلِّ أَفْضَلَ*الصَّلاَةِ عَلَى أَسْعَدِ مَخْلُوْقَاتِكَ بَدْرِ الدُّجَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدْ. عَدَدَ مَعْلُوْمَاتِكَ وَمِدَادَ كَلِمَاتِكَ كُلَّمَا ذَكَرَكَ الذَّاكِرُوْنَ. وَغَفَلَ عَنْ ذِكْرِكَ الْغَافِلُوْنَ.

وَسَلِّمْ وَرَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْ سَادَتِنَا أَصْحَابِ رَسُوْلِ اللهِ أَجْمَعِيْنَ. وَحَسْبُنَا الله وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ. وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْم 3

أَفْضَلُ الذِّكْرِ فَاعْلَمْ أَنَّهُ لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ حَيٌّ مَوْجُوْدٌ لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ حَيٌّ مَعْبُوْدٌ لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ حَيٌّ بَاقٍ ,

اَإِلهَ إِلاَّ اللهُ 100

لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ

لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ مُحَمَّدٌ نَبِيُّ الله

لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ الله

أَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدْ أَللّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ

أَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدْ يَارَبِّ صَلِّ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدْ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ

سبحَانَ الله وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ 33

أَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى حَبِيْبِكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدْ وَعَلَى الِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

أَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى حَبِيْبِكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدْ وَعَلَى الِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ

أَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى حَبِيْبِكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدْ وَعَلَى الِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ أَجْمَعِيْنَ. الفاتحة

Lafadz Bacaan Doa Tahmid

bacaan doa kalimat tahmid alhamdulillah

Yang terakhir ialah doa tahmid yang dibaca untuk mengungkapkan rasa syukur atas berkat, pemberian, hadiah, hikmah yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita. Meskipun pada dasarnya kita bernafaspun merupakan pemberian dari-Nya, kita perlu memperbanyak doa mensyukuri nikmat tersebut.

Doa tahmid ini, apabila digabung dengan tasbih dan takbir akan menjadi doa penutup sholat yang sangat mustajab. Apalagi bila ditambah dengan doa tahlil yang cukup panjang dan lengkap. Bila membacanya dengan sungguh-sungguh, insyaallah akan mendapat berjuta kebaikan.

Berikut adalah bacaan doa tahmid arab, latin dan artinya yang benar, teks alhamdulillah, tulisan bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia.

 الحمد لله رب العالمين 

Alhamdulillahirabbil aalamiin.

Artinya:
“Segala puji bagi Allah Ta’ala Pemelihara seluruh alam.”

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai lafadz doa tasbih takbir tahmid dan tahlil secara lengkap. Contoh bacaan tasbih malaikat, kifarat, kata kata, bunyi, kalimat zikir tasbih, waktu, arti, mp3, suara, hadits, wirid takbir, tahlil dan tahmid lengkap.

Baca :

Tinggalkan komentar