Puasa Weton atau Puasa Wedal Untuk Hari Lahir

Konten []
    Mustafalan.com - Puasa wedal atau puasa weton untuk hari lahir. Hari kelahiran merupakan hari yang patut disyukuri karena pada hari tersebut Tuhan memberikan roh atau nyawa pada tubuh kita sehingga kita bisa hidup, bertemu banyak orang serta mengalami hal-hal menyenangkan.

    puasa weton wedal

    Dalam bahasa Jawa, hari lahir disebut dengan weton atau wedal. Setiap orang memiliki karakter atau sifat berbeda berdasarkan wetonnya, yakni dihitung berdasarkan kalender penanggalan Jawa. Dalam kehidupan, ada puasa yang dipercaya bisa menghilangkan kesialan weton lahirnya.

    Puasa tersebut dinamakan puasa weton atau wedhal. Menurut falsafah Jawa puasa jenis ini termasuk sebagai puasa Kejawen, bukan merupakan puasa wajib maupun puasa sunnah yang dikenal dalam agama Islam. Bila Anda bertanya apa hukumnya puasa wedal atau weton tersebut, berikut penjelasannya.

    Hukum atau Dalil Puasa Wedal

    Puasa wedal untuk memperingati hari lahir, menghilangkan kesialan dan keburukan sifat dalam diri bukan merupakan puasa yang dikenal secara Islam. Untuk itu jelas hukumnya tidak boleh apabila diniatkan untuk menghadap ridha dari Allah SWT.

    Selain itu tidak ada pula hadits atau dalil yang menjelaskan bahwa puasa-puasa diluar puasa wajib (Ramadhan) atau puasa sunnah (Syawal, senin kamis, Arafah, Dzulhijjah dan lain-lain) diperbolehkan menurut agama Islam.

    Maka dari itu, puasa-puasa, tirakat atau tapa Kejawen lain semacam puasa ngasrep, puasa lelono dan puasa wungon juga tidak boleh apabila niat melakukannya adalah untuk beribadah demi mendapat pahala dari Allah SWT.

    Cara Mengerjakan Puasa Weton

    Cara mengerjakan puasa weton ini adalah dengan berpuasa selama 3 hari berturut-turut dimulai pada hari kelahiran. Misal Anda lahir pada Sabtu Pon maka puasa weton atau wedal dilakukan mulai dari hari sebelumnya (Jumat Paing).

    Pada Jumat Paing terlebih dahulu makan nasi dan air putih yang cukup sapai pukul 7 kemudian berpuasa seharian dan baru boleh makan lagi pada pukul 6 sore begitu seterusnya selama tiga hari. Jadi, misal Anda lahir pada Sabtu Pon, maka puasa dilakukan pada Sabtu Pon, Minggu Wage dan Senin Kliwon.

    Untuk menambah khasiatnya maka boleh bersemedi atau bertapa pada jam 11 malam hingga 1 pagi berdoa memohon kepada Tuhan agar diberikan tuntunan yang jelas dalam hidup ini serta dikuatkan untuk menghadapi kehidupan di dunia.

    Macam Macam Weton dan Perwatakannya

    Sepeti yang dijelaskan sebelumnya bahwa puasa tirakat weton ini dilakukan untuk menghilangkan sifat-sifat buruk yang dimiliki berdasarkan wetonnya. Nah, memangnya apa sih sifat-sifat manusia menurut primbon berdasarkan weton atau neptu? Berikut ciri-cirinya.

    Selasa Wage - Neptu 7, sifatnya gegabah, tidak pandai berkomunikasi, sempit hati dan suka ingkar janji.

    Selasa Legi - Neptu 8, sifatnya pendengki, panas hati, tidak banyak teman, suka berbuat jahil, bermuka masam, tidak bisa menjaga ucapan.

    Senin Legi - Neptu 9, sifatnya kebal diguna-guna, suka berpindah-pindah dan mengutamakan kepentingan orang lain.

    Jumat Wage - Neptu 10, sifatnya cerdas, pendiam, tidak mudah tersinggung, pemaaf dan tidak suka menyimpan dendam.

    Rabu Wage - Neptu 11, sifatnya pemalu, mudah tersinggung dan berani melakukan apa saja agar yang diinginkannya terwujud.

    Minggu Pon - Neptu 12, sifatnya penurut, sayang kepada teman, prihatin, pandai, rajin, sering kehilangan barang, pelupa.

    Sabtu Pon - Neptu 13, sifatnya berjiwa petualang, suka tantangan, baik dan pengertian terhadap sesama.

    Jumat Kliwon - Neptu 14, sifatnya cerdas, hatinya lemah lembut, tidak mudah marah, menerima apa adanya, pemalas, sering mendapat rezeki tak terduga.

    Kamis Pon - Neptu 15, sifatnya tidak suka diperintah, punya banyak teman, berpendirian kuat, sering berselisih dengan orang terdekat.

    Rabu pahing - Neptu 16, sifatnya pendiam, lembut, menjaga sopan santun, tidak mudah marah namun sekali emosi bisa sangat mengerikan.

    Sabtu Kliwon - Neptu 17, sifatnya pendiam, baik, mudah dinasehati, terlalu baik untuk ditipu dan memiliki sedikit teman.

    Sabtu Pahing - Neptu 18, sifatnya mudah panas, bicara baik, bila bertengkar sangat berani namun juga pemaaf.

    Itulah penjelasan lengkap puasa weton wedal. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi atau pengetahuan bagi kita-kita yang belum mengetahui tirakat puasa kejawen untuk hari lahir, kelahiran secara detail.