Tata Cara Puasa Ngasrep dan Manfaatnya

Tata Cara Puasa Ngasrep dan Manfaatnya
Konten []
    Mustafalan.com - Tata cara puasa ngasrep dan manfaatnya. Dibanding puasa tirakat kejawen lainnya, puasa ngasrep tergolong tidak familiar karena jarang ada yang memraktekkannya. Kalau ada pun mungkin hanya orang dulu ketika zaman penjajahan Belanda.

    puasa ngasrep

    Puasa ini tidak seterkenal puasa ngalong atau puasa mutih ngepel yang khasiatnya sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, kedua jenis puasa adat jawa tersebut masih banyak dipraktekkan terutama di pedalaman-pedalaman desa.

    Bagi yang bertanya-tanya apa sih pusa ngasrep itu, kok di Google jarang ada yang membahasnya ya? dan sebagainya. Tenang saja karena pada artikel ini kita akan menjelaskan mengenai salah satu tirakat langka yang hampir punah ini.

    Pengertian dan Tata Cara Puasa Ngasrep

    Puasa ngasrep merupakan salah satu puasa kejawen yang tujuannya adalah untuk menguasai ajian dan ilmu tertentu. Cara mengerjakannya hampir sama dengan puasa nganyep. Bedanya adalah pada jumlah makanan yang boleh dikonsumsi.

    Jika pada puasa nganyep kita boleh makan sepuasnya, maka pada puasa ngasrep kita hanya diperkenankan untuk memasukkan makanan sebanyak 3 suap saja dan minum paling banyak 3 tegukan air putih bening.

    Apabila lebih dari itu maka dilarang dan dapat membatalkan puasa sehingga ajian yang tengah dipelajari bisa saja tidak masuk ke dalam tubuh kita. Jadi, harus benar-benar diperhatikan soal porsi makan saat melaksanakannya.

    Khasiat dan Ajian Puasa Ngasrep

    Biasanya puasa ini dikerjakan oleh orang yang ingin menguasai keahlian mata batin seperti untuk melihat apa isi hati orang, apa yang tengah dibicarakan orang di dalam hati serta apa yang ada di pikiran manusia ketika dia sedang diam.

    Atau dengan kata lain, ajian ilmu kejawen yang ingin dimiliki setelah menjalani puasa jenis ini adalah penerawangan. Selain itu juga bisa untuk menguasai telepati jarak jauh. Namun semua kembali ke diri masing-masing untuk apa menjalankan puasa ngasrep.

    Pantangan dan Larangan Puasa Ngasrep

    Pantangan dalam puasa ngasrep sudah disebutkan sebelumnya bahwa saat sahur hanya diperbolehkan untuk makan hanya tiga suap saja, terserah mau makan apa yang penting tidak boleh lebih dari 3 suap karena jika lebih maka puasa batal.

    Selain itu dalam minum juga hanya diperbolehkan sebanyak 3 tenggukan saja. Air yang diminum adalah air putih (sebaiknya) karena air bening merupakan air penetral racun terbaik bagi tubuh kita sehingga apabila perut kita kekurangna makanan sehingga menimbulkan racun, air bening bisa menetralisirnya.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>