Niat Doa Puasa Mutih Untuk Hajat, Jodoh, Pengasihan

Konten []
    Mustafalan.com - Niat doa puasa mutih untuk hajat, jodoh, pengasihan. Puasa mutih adalah salah satu jenis tirakat kejawen yang tidak dikenal dalam agama Islam. Mutih berasal dari bahasa Jawa yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya putih.

    puasa mutih

    Putih yang dimaksud di sini adalah makanan di mana puasa mutih artinya adalah puasa yang berkaitan dengan makanan yang berwarna putih. Dalam hal ini bisa nasi, garam, gula pasir, susu putih, dan sebagainya.

    Puasa mutih bukanlah salah satu jenis puasa yang berat untuk dilakukan, tidak seperti puasa weton untuk pengasihan, puasa weton atau wedal yang dilakukan dengan cara berpuasa sleama berhari-hari. Mutih tidaklah sesulit itu.

    Puasa mutih secara umum juga tidak sesulit puasa mutih ngepel yang hanya diperbolehkan makan segepal nasi putih saja pada saat berbuka atau sahur kemudian melanjutkan dengan kembali tidak makan dan tidak minum selama waktu yang ditentukan.

    Tata Cara Mengerjakan Puasa Mutih

    Cara mengerjakan puasa mutih adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang berwarna putih saja. Tidak boleh makan daging, sayur-sayuran atau buah-buahan yang berwarna selain putih. Makanan yang boleh dikonsumsi antara lain:
    • Nasi
    • Garam
    • Gula pasir putih
    • Bawang putih
    • Air bening
    • Air susu putih
    • Dan makanan lain yang warnanya putih

    Orang-rang biasa mengerjakannya selama 3 hari,  hari hingga 40 hari atau selama lebih dari sebulan secara berturut-turut. Dan selama itu pula si pengamal tirakat ini hanya dibolehkan makan makanan warna putih.

    Niat Puasa Mutih

    Sebelum berpuasa, pada saat malam hari waktu sahur, sebelum masuk waktu sholat subuh bacalah niat puasa mutih terlebih dahulu untuk mengawali tirakat ini. Berikut adalah teks niat puasa mutih bahasa Jawa.

    Niat ingsun puasa mutih supaya putih bathinku putih badanku putih kaya dining banyu suci kerana Allah Ta’ala.

    Niat tersebut diucapkan setelah makan sahur atau ketika sang pengamal tidak akan makan makanan apapun lagi sampai masuk waktu berbuka puasa pada malam hari atau ketika masuk waktu sholat maghrib.

    Doa Puasa Mutih

    Saat berpuasa Anda harus menahan hawa nafsu dan keinginan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang enak seperti daging sapi, kaming, sop buntut, sate, bakso, mie ayam maupun makanan lezat lainnya.

    Ketika menjalani tirakat mutih ini, seseorang perlu melakukakan runtutan doa yang dibaca sebagai dzikir atau wirid sehingga hajatnya terkabulkan. Berikut adalah doa dzikir saat melaksanakan puasa mutih.

    Subhanallah, wal hamdulillah wa laailaaha illallahu allahu akbar

    Manfaat dan Khasiat Puasa Mutih

    Puasa mutih memiliki banyak sekali manfaat, tergantung kepada masing-masing pengamal ingin meniati tirakat tapa ini dengan bagaimana, apakah untuk memenuhi hajat, untuk mencari jodoh ataupun minta pengasihan.

    a. Puasa Mutih Untuk Hajat

    Hajat adalah keinginan, harapan atau permintaan yang ingin diwujudkan atau dikabulkan. Berbagai macam hajat manusia mencakup segala sendi kehidupan seperti hajat pribadi contohnya ingin pangkat tinggi, juara kelas atau mendapat penghormatan.

    Ada juga hajat yang berkaitan dengan keperluan orang lain seperti mendapat pekerjaan, memiliki teman atau rekan kerja yang mendukung, dan sebagainya. Puasa mutih dapat diniati untuk mengabulkan hajat.

    b. Puasa Mutih Untuk Jodoh

    Jodoh adalah pasangan lawan jenis yang diciptakan oleh Allah SWT untuk mendampingi kita hidup di muka bumi. Sebagai tulang rusuk untuk berbagi kesenangan, penderitaan, cinta, kasih sayang serta pengorbanan.

    Orang akan sulit menemukan jodoh apabila fokus kepada karir yang menyebabkan dirinya sampai tua pun tidak bertemu dengan pasangan yang akan dijadikan sebagai istri atau suaminya. Melaksanakan puasa mutih dipercaya agar seseorang cepat bertemu jodohnya.

    c. Puasa Mutih Untuk Pengasihan

    Pengasihan adalah ilmu batin atau energi dalam diri manusia. Setiap orang dibekali semacam energi dari Tuhan yang kekuatannya berbeda-beda, ini bukanlah energi fisik semacam kekuatan otot, melainkan kemampuan untuk mendendalikan sesuatu.

    Puasa mutih dipercaya bisa meningkatkan pengasihan, menciptakan diri yang kuat dan mampu menerima ajian atau ilmu dengan tingkat yang tinggi. Maka dari itu orang zaman dahulu banyak yang rutin melakukan puasa mutih ini.

    Pantangan dan Larangan Puasa Mutih

    Dalam menjalani puasa mutih, pantangan yang tidak boleh dilakukan dalam menjalani tirakat kejawen ini adalah tidak boleh makan makanan selain nasi putih, garam, air putih ataupun makanan yang berwana selain putih lainnya.

    Memang cukup gampang untuk melakukannya, namun apabila orang melaksanakan ajaran spiritual ini selama 40 hari, bukan tidak mungkin fisiknya akan melemah sehingga sangat dianjurkan untuk menyiapkan fisik terlebih dahulu bila ingin puasa mutih dalam waktu yang lama.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments