Mustafalan.com - Tata cara puasa mutih ngepel dan manfaatnya. Seperti pembahasan-pembahasan sebelumnya bahwa banyak puasa khas kejawen yang dimaksudkan untuk menguasai pengetahuan, ilmu, ajian atau kekuatan tertentu yang bersifat sakti dan mahadahsyat.

puasa mutih ngepel

Salah satu yang paling populer adalah puasa mutih. Mutih merupakan bahasa Jawa yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti putih. Puasa ini sangat identik dengan yang putih-putih, artinya hanya makan dan minum yang bersifat mutih atau mutih.

Sebenarnya puasa mutih ada banyak macamnya, namun pada artikel ini kita fokus untuk membahas puasa mutih ngepel. E yang kedua merupakan huruf E pada kata elang, bukan E pada kata bebek. Ngepel artinya mengepalkan tangan.

Nah, loh, apa lagi itu? Puasa mutih saja sudah bingung, ditambah ada imbuhan kata ngepel? Untuk lebih jelasnya, pertama-tama silahkan pahami perbedaan puasa mutih ngepel dan jenis tirakat tapa mutih lainnya.

Puasa Mutih Ngepel vs Puasa Mutih Lainnya

Puasa mutih ngepel ialah jenis puasa mutih yang pengamalnya hanya boleh makan nasi putih sebanyak satu kepal tangan dan minum segelas air putih. Ukuran nasinya tergantug kepalan tangan si pengamal dan tidak boleh lebih atau tidak boleh kurang.

Karena jika berbeda dari kepalan tangan, maka khasiat yang akan didapat juga akan berbeda. Sama halnya seperti puasa lelono atau puasa wungon yang harus dikerjakan sesuai petunjuk agar bisa mendapat khasiat dan menguasai kekuatan yang sedang dipelajari.

Hal ini sedikit berbeda jika dibanding puasa mutih murni yang diperbolehkan makan serba putih seperti nasi, garam, gula lebih dari satu kepal tangan dan puasa mutih umum yang tidak boleh makan selain nasi.

Termasuk rokok tidak boleh. Jadi jika ada yang bertanya apakah boleh merokok ketika mengerjakan puasa mutih ngepel maka jawabannya adalah tidak boleh, dilarang dan tidak diperkenankan karena jelas yang boleh dikonsumsi hanya nasi berwarna putih.

Tata Cara Mengerjakan Puasa Mutih Ngepel

Cara mengerjakannya yakni bangun pada dinihari ketika waktu sahur kemudian segera mencuci muka dan membaca niat mengerjakan puasa mutih ngepel yang dilafalkan dengan bahasa sendiri contohnya sebagai berikut.

"Aku punya niat puasa mutih dari fajar sampai petang untuk memperoleh (katakan hajat) karena allah subhanahu wata’ala."

Waktu berpuasa disamakan dengan puasa ramadhan yakni mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Sebelum masuk waktu sholat subuh dapat diisi dengan mengerjakan sholat sunnah seperti tahajud atau istikharah sebanyak dua rakaat.

Dalam mengerjakannya kita harus sering-sering mengambil air wudhu apabila merasa batal maka harus segera berwudhu lagi. Apabila tidak ada air maka boleh bertayamum dan jangan sampai kita terlalu lama membatalkan wudhu karena tubuh harus selalu dalam keadaan suci.

Manfaat Tirakat Puasa Mutih Ngepel

Puasa mutih bukan dikerjakan untuk mendapat pahala atau mengharap ridha Allah SWT karena pada dasarnya ini hampir mirip dengan tapa atau tirakat untuk menguasai sebuah ajian tertentu contohnya adalah beberapa hal berikut ini yang ilmunya bisa dikuasai dengan puasa mutih ngepel.
  • Jaran goyang.
  • Braja musti.
  • Pelet pengasihan.
  • Kewibawaan.
  • Kekebalan.
  • Islam kejawen calibrating.
  • Dan masih banyak lagi.

Pantangan dan Larangan

Hanya ada satu larangan ketika menjalani puasa mutih ngepel ini, yakni adalah tidak boleh keluar dari keadaan suci dalam jangka waktu yang lama. Maksimal 5 menit setelah batal wudhu maka langsung mengambil air wudhu kembali.

Demikianlah penjelasan tentang puasa mutih ngepel, apakah puasa mutih boleh merokok, batas waktu puasa mutih, niat puasa mutih ngepel untuk hajat, pengasihan, doa buka puasa mutih ngepel, puasa mutih 3 hari untuk rezeki, jodoh dan sebagainya.