Mustafalan.com - Doa lulus ujian saat mengikuti tes, ulangan di sekolah. Pada setiap pertengahan dan akhir semester, seluruh siswa yang duduk di bangku sekolah pasti akan melaksanakan ujian berupa ulangan harian, UTS dan UAS sebagai penilaian hasil belajar sejauh mana siswa memahami materi yang disampaikan guru.

bacaan lafadz doa lulus mengikuti ujian tes ulangan

Jika nilai bagus maka artinnya seorang siswa sudah bisa mendapat ilmu dari sekolah sedangkan apabila nilainya buruk, selain berdampak pada perhatian orang tua (yang akan selalu menceramahi) juga berdampak pada mental si anak itu sendiri.

Oleh karena itulah di Indonesia, sebagai acuan hasil belajar maka dilakukan ujian atau ulangan. Tidak hanya sekali, bahkan ulangan bisa dilaksanakan setiap bulan atau tiap minggu tergantung guru yang mengajar mata pelajaran atau mata kuliah tertentu.

Alasan Berdoa Saat Mengikuti Ujian

Tidak sedikit dari siswa atau murid yang merasa deg-degan ketika ujian berlangsung, apalagi bila tingkatan ujian lebih tinggi seperti ujian SBMPTN dan UMPTKIN untuk masuk kuliah di universitas tertentu atau ujian tes CPNS untuk masuk kerja sebagai pegawai negeri sipil.

Rasa gugup tersebut muncul dari tekanan bahwa kita tidak yakin apakah ujian atau tes ini akan berhasil atau tidak. Meski sudah belajar sepanjang hari, selama berbulan-bulan untuk menyiapkannya, perasaan tidak yakin tersebut masih muncul dari dalam hati.

Tentu hal tersebut salah satunya disebabkan karena kita belum berpasrah kepada Allah SWT atas hasil yang akan didapat. Bila kita sudah berserah diri kepadaNya, insyaallah beban yang ada di dalam hati akan hilang sehingga kita bisa fokus untuk mengerjakan setiap soal pada ujian atau ulangan.

Berdoa juga dimaksudkan agar kita lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT karena segala keputusan ada di tangan-Nya. Berhadap yang terbaik agar mendapat hasil yang maksimal. Dan jika nantinya mendapat hasil yang kurang memuaskan, percayalah bahwa itu juga merupakan yang terbaik dari-Nya.

Kumpulan Doa Mengikuti Ujian

Dalam hal ini, ada banyak sekali macam-macam doa untuk mengukuti ujian, tes, ulangan dan semacamnya. Doa-doa yang dimaksudkan agar lulus ujian, mendapat hasil maksimal dan semoga dapat diberi yang terbaik oleh Allah Yang Maha Tahu.

Berikut adalah macam-macam bacaan doa agar lulus ujian, mulai dari doa memohon tambahan ilmu, doa nabi musa, doa diberi kemudahan ikut tes, dan sebagainya. Silahkan disimak.

1. Doa Memohon Kemudahan (Mengikuti Ujian)

doa mohon kemudahan ujian

Berikut adalah doa yang dibaca untuk meminta dimudahkan dalam menyelesaikan soal ujian. Dalam bahasa Arab, latin dan artinya. Silahkan dibaca.

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

ALLAAHUMMA LAA SAHLA ILLAA MAA JA’ALTAHU SAHLAN WA ANTA TAJ’ALUL HAZNA IDZAA SYI’TA SAHLAN.

Artinya :
"Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya." (Shahih Ibnu Hibban no. 2427; Syaikh ‘Abdul Qadir Al Arna’uth menyatakan shahih dalam Takhrij Al Adzkar hal. 106)

2. Doa Nabi Musa Untuk Kelancaran Lisan

doa kelancaran lisan

Berikut adalah doa khusus untuk mengikuti ujian lisan yang suka gugup. Bisa juga dibaca untuk mengikuti tes interview kerja, cpns dan semacamnya.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

RABBISY-ROHLII SHADRII, WA YASSIRLII AMRII, WAHLUL ‘UQDATAM MILLISAANII, YAFQAHU QAULII.
 
Artinya :
"Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku." (QS Thaahaa : 25-28)

3. Doa Memohon Tambahan Ilmu Pengetahuan

doa ilmu pengetahuan

Berikut adalah doa memohon ilmu pengetahuan kepada Allah SWT. Karena Dia-lah yang merupakan sumber dari segala sumber ilmu pengetahuan di alam semesta. Karena manusia diperintahkan untuk terus belajar menuntut ilmu.

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

RABBI ZIDNII ‘ILMAA.

Artinya :
"Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan." (QS Thaahaa : 114)

Itulah macam-macam doa lulus ujian, doa mengikuti ulangan, tes tulis atau lisan baik untuk anak TK, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MAN, mahasiswa di kampus, doa saat menjalankan ujian, menyelesaikan soal agar lulus dan mendapat nilai yang tinggi. Amin.